Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Toto Projo Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012

Wahyuningsih, Septi (2012) Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Toto Projo Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 7.pdf - Other

Download (447kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan baik jika guru jugasebagai pendidik, haruslah bertindak atau berusaha untuk membuat siswa menjadiaktif dan kreatif. Salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajardapat dilihat dari kegiatan dan prestasi belajar yang diperoleh siswa setelahmengikuti metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Metode tutor sebaya merupakan strategi pembelajaran dimana siswa yangmempunyai pengetahuan yang lebih pandai di jadikan sebagai tutor yang nantinyasi tutor akan membantu siswa yang tidak bisa atau kurang jelas dalammengerjakan soal atau dalam proses pembelajaran berlangsung.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus,masing-masing siklus 2 kali pertemuan, objek tindakan penelitian ini adalah kelasV MI Muhammadiyah Toto Projo Way Bungur Lampung Timur, dengan jumlah20 siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pengukuran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : untuk meningkatkan hasilbelajar matematika setelah mengikuti model pembelajaran dengan metode tutorsebaya pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Way Bungur Lampung timurtahun pelajaran 2011/2012.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tesuntuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahuiaktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus persentase dilihat daripeningkatan aktivitas siswa dari 35,56 % menjadi 59 %,atau terjadi peningkatansebesar 23, 04 %, dan hasil belajar siswa pada siklus I dan II yang tuntas belajarsebesar 65 % menjadi 80 %, terjadi peningkatan sebanyak 15 %. Dengan kategorimencapai indikator keberhasilan.Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : penggunaanmetode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematikasiswa kelas V MI Muhammadiyah Toto Projo Way Bungur Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Mar 2020 07:57
Last Modified: 24 Mar 2020 07:57
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2989

Actions (login required)

View Item View Item