Penggunaan Media Gambar Pada Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Sidomulyo Sekampung Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Mutaropah, Munasir (2014) Penggunaan Media Gambar Pada Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Sidomulyo Sekampung Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 8.pdf - Other

Download (816kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar merupakan wujud berbagai masalah yang muncul dari kegiatan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar pada pelajaran IPA ditandai dengan tidak tuntasnya nilai ulangan harian dibawah KKM yaitu 83,3% atau 20dari 24 siswa yang ada. Metode yang digunakan sudah bervariasi yaitu denganmenggunakan metode ceramah, metode pemberian tugas, metode Tanya jawab,namun hasilnya belum maksimal. Siswa cenderung pasif, hanya sebagian kecilsiswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa masih kesulitansaat dihadapkan soal-soal IPA yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Dengan permasalahan tersebut, penulis merumuskan penggunaan mediagambar pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN03 Sidomulyo, Sekampung T.P 2013/ 2014 pada24 siswa dengan materi energidan penggunaannya yang menerapkan pembelajaran menggunakan media gambar.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untukmengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa setelah mengikuti pembelajarandengan menggunakan media gambar. Peneliti bertindak sebagai guru dan mitrakolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus selama 6kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaantindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan testertulis, lembar observasi untuk mengamati kegiatan siswa dan metodedokumentasi.

Menurut hasil analisis data N-Gain diperoleh hasil belajar siswameningkat pada siklus I, sebanyak 10 siswa memenuhi KKM dengan perolehanN-Gain 0,41 kriteria sedang. Dan setelah diadakan refleksi pada siklus I makapada siklus II diadakan formulasi baru dengan sedikit perbaikan, terbukti hasilbelajar siswa pada siklus II meningkat, sebanyak 22 siswa memenuhi KKMdengan perolehan N-Gain 0,56 kategori sedang. Terjadi peningkatan N-Gainsebesar 0,15.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan makadapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkanhasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Sidomulyo Kecamatan Sekampungmata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Mar 2020 07:53
Last Modified: 24 Mar 2020 07:53
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2990

Actions (login required)

View Item View Item