Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Nurul Huda Sukoharjo Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015

Saimun, . (2015) Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Nurul Huda Sukoharjo Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 15.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi di MI Nuruh Huda Sukoharjo Kecamatan BumiRatu Nuban Lampung Tengah, ada beberapa hambatan, hambatan yang palingsignifikan yaitu hasil belajar peserta didik yang kurang memuaskan (kebanyakanpeserta didik memperoleh nilai 50 ke bawah) dan peserta didik terlalu lama dalammengerjakan soal yang diberikan oleh pendidik. Menyikapi permasalahantersebut, maka perlu diterapkan metode yang lebih tepat.Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep metode pembelajaranaktif yang ditawarkan. Metode pembelajaran aktif nampaknya merupakan salahsatu jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitaspembelajaran di MI Nurul Huda Sukoharjo. Salah satunya adalah denganmenerapkan metode drill pada pembelajaran ini, diharapkan hasil belajar pesertadidik terus meningkat, sebab pada metode ini keaktifan peserta didik lebihdiutamakan.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar Mengubahpecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya dan Menjumlahkan danmengurangkan berbagai bentuk pecahan pada mata pelajaran Matematika kelas VMI Nurul Huda Sukoharjo Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten LampungTengah Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitianmencakup:(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi,dan pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisisnya, penulismenggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didikpada siklus I rata-rata 64,87 meningkat pada siklus II menjadi 77,52 atau mengalami peningkatan sebesar 19,5%. Peserta didik yang tuntas belajar jugamengalami peningkatan, Jika pada siklus I hanya ada 16 peserta didik, maka padasiklus II ada 21 peserta didik atau meningkat sebesar 31,25%. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa Implementasi metode Drilldapat meningkatkan hasil belajarMatematikapeserta didik kelas VMI Nurul Huda Sukoharjo Kecamatan BumiRatu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Mar 2020 04:20
Last Modified: 24 Mar 2020 04:20
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item