Pengaruh Kompetensi Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPA Al-Furqon Hadimulyo Timur Metro Tahun 2013

Novantia, Rafika (2013) Pengaruh Kompetensi Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPA Al-Furqon Hadimulyo Timur Metro Tahun 2013. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 43.pdf - Other

Download (358kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan, sangatlah diperlukan pendidikan agama terutamapendidikan yang ada di TPA. Lembaga-lembaga seperti TPA ini membuktikanbetapa pentingnya pendidikan agama di masyarakat untuk memberikan pendidikankepada anak didik dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Kompetensi gurudalam mengajar merupakan unsur penting yang harus dimiliki setiap guru TPA.Dengan kompetensi mengajar yang baik maka guru akan mudah menyampaikanmateri pelajaran kepada santrinya sehingga santri akan senang menerima pelajaranyang disampaikan oleh seorang guru.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana seorang guru TPAmemiliki kompetensi profesional terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santriyang mendapat nilai kurang. Dari permasalahan tersebut, maka dibutuhkanseseorang yang benar-benar bisa dijadikan seorang guru yang kompeten dalammengajar membaca Al-Qur’an. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitianini adalah apakah ada pengaruh kompetensi guru Taman Pendidikan Al-Qur’anterhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPA Al-Furqon HadimulyoTimur Metro tahun 2013.

Hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruhkompetensi guru Taman Pendidikan Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPA Al-Furqon Hadimulyo Timur Metro tahun 2013. Metode yangpenulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode observasisebagai metode utama, serta tes, wawancara dan dokumentasi sebagai metodepenunjang.

Populasi dalam penelitian ini adalah terdiri dari 30 santri. Karenasampelnya kurang dari 100, maka dapat diambil semua yang berjumlah 30 santridan penelitian ini disebut penelitian populasi. Sifat penelitian ini adalah deskriptifkuantitatif. Kemudian untuk membuktikan kebenaran hipotesis, penulismenganalisis data dengan menggunakan rumus chi kuadrat.

Dari analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus chikuadrat (x2) dapat diperoleh hasil bahwa harga chi kuadrat hitung (13,717) adalahlebih besar dibandingkan dengan harga chi kuadrat tabel pada taraf signifikan 5%(9,488) maupun pada taraf signifikan 1% (13,227). Dengan demikian hipotesisalternatif adalah disetujui /diterima. Maka kesimpulannya adalah ada PengaruhKompetensi Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Terhadap Kemampuan MembacaAl-Qur’an Santri TPA Al-Furqon Hadimulyo Timur Metro tahun 2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 20 Apr 2020 02:58
Last Modified: 20 Apr 2020 02:58
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item