Implementasi KTSP Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTS Negeri Kota Metro Tahun Ajaran 2012/2013

Lidiawati, . (2013) Implementasi KTSP Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTS Negeri Kota Metro Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 44.pdf - Other

Download (260kB) | Preview

Abstract

Di antara gerakan mutu pendidikan, pemerintah telah menetapkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai acuan bagi pelaksanaan pendidikan di Indonesia. SNP merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia, untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
Menyambut dari hal di atas, maka pemerintah menetapkan Standar Nasional Pendidikan, yang telah dijabarkan dan telah disahkan penggunaanya oleh Mendiknas yaitu Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Hal ini merupakan landasan dari pengembangan KTSP baik untuk sekolah umum maupun madrasah. Sebagaimana panduan penyusunan KTSP yang disusun oleh BNSP, KTSP ada empat komponen, yaitu, (1) Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan, (2) Struktur dan Muatan KTSP, (3) Kalender Pendidikan, (4) Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari hal inilah penulis tertarik mengambil judul “Implementasi KTSP Di MTs Negeri Metro Batanghari Tahun Ajaran 2012/2013”.
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: “Bagaimanakah kesiapan guru dalam mengimplementasikan KTSP pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Negeri Metro Batanghari Tahun Ajaran 2012/2013”?.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif sehingga penulis menggunakan analisis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru dalam mengimplementasikan KTSP bidang studi Aqidah Akhlak di Di MTs Negeri Metro Batanghari Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini penulis lakukan di lapangan. Data yang diperoleh melalui beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk memudahkan penganalisaan data, lalu diinterprestasikan dengan cara berfikir induktif, yaitu berdasarkan pengetahuan khusus kemudian diambil suatu pemecahan yang bersifat umum, sehingga menghasilkan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.
Berdasarkan hasil analisa data observasi, interview dan dokumentasi yang penulis peroleh maka dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru Aqidah Akhlak dalam mengimplementasikan KTSP di MTs Negeri Metro Batanghari Tahun Ajaran
2012/2013 belum dapat berjalan dengan baik, karena hanya sebagian kecil saja yang komponen KTSP yang dapat terlaksana pada penerapannya dalam pembelajaran. Artinya bahwa, guru dalam mengimplementasikan KTSP bidang studi Aqidah Akhlak sesungguhnya dapat berjalan dengan baik, manakala persiapan yang dilakukan sebelum mengimplementasikan KTSP dapat dilakukan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 16 Apr 2020 05:10
Last Modified: 16 Apr 2020 05:10
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item