Pengaruh Motivasi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Semester Ganjil SD 4 Gedungwani Kecamatan Margatiga Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012

Ambarwati, Denik (2012) Pengaruh Motivasi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Semester Ganjil SD 4 Gedungwani Kecamatan Margatiga Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DENIK AMBARWATI 0731061 (IAIN Metro).pdf - Other

Download (506kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar motivasi sangat besar peranannya terhadap prestasi belajar, dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Motivasi dan dukungan dari orang tua sangat penting bagi anak-anaknya dalam proses belajarnya. Karena biasanya anak-anak yang dalam belajarnya mendapatkan motivasi dari orang tuanya akan lebih rajin dan serius dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan motivasi dari orang tuanya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V semester ganjil SD N 4 Gedungwani Kecamatan Margatiga Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas V semester Ganjil SD N 4 Gedungwani Kecamatan Marga Tiga Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V semester Ganjil SD N 4
Gedungwani Kecamatan Marga Tiga Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa. Karna siswa kurang dari 100, maka semua siswa dijadikan sampel. Ada 3 (tiga) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) motivasi orang tua, 2) minat belajar, dan 3) prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis regresi linier multipel.
Terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Uji hipotesi untuk variabel motivasi orang tua diperoleh thit =2,3652 dan ttab = 2,04 pada taraf signifikan 5% dengan koefisien korelasi ry12 = 0,3624 dengan demikian thit ≥ ttab. Besarnya pengaruh motivasi orang tua terhadap pestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 0,3624. Untuk variabel minat belajar diperoleh thit =3,1400 dan ttab =2,04 pada taraf signifikan
5% dengan koefisien korelasi ry12 = 0,4587 dengan demikian thit ≥ ttab. Besarnya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar
0,4587. Untuk variabel motivasi orang tua, minat belajar dan prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam diperoleh Fhit =12,0685 ,Ftab = 2,04 pada taraf signifikan 5% dan Ftab = 5,25 pada taraf signifikan 1% dengan koefisien korelasi R2 = 0,3948 dengan demikian Fhit ≥ Ftab. Besarnya pengaruh motivasi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Islam tersebut sebesar 0,3948

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 16 Apr 2020 09:38
Last Modified: 16 Apr 2020 09:38
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3041

Actions (login required)

View Item View Item