Implementasi Pembelajaran Mengggunakan Media Drafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Siswa MI Nurul Huda Kelas IV Sadar Sriwijua Lampung Timur Tp 2014/2015

Imroh, Al (2015) Implementasi Pembelajaran Mengggunakan Media Drafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Siswa MI Nurul Huda Kelas IV Sadar Sriwijua Lampung Timur Tp 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
AL IMROH 1180455 (IAIN Metro).pdf - Other

Download (394kB) | Preview

Abstract

Nilai hasil belajar yang dicapai siswa mencerminkan tingkat penguasaan materi. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dimaksudkan untuk meningkatkan perolehan siswa yang berarti meningkatkan kompetensi siswa dalam berpikir, bertindak dan dalam menghadapi suatu permasalahan. Berdasarkan pda hasil pra survey yang telah dilakukan penulis mempunyai alasan untuk mengadakan penelitian dengan mengangkat topik implementasi pembelajran dengan menggunakan media grafis untuk meningkatkan hasil belajr akidah akhlak. Sesuai dengan rmasalah yang ada, maka dirumuskan permasalahnya sebagai berikut: "Apakah penggunaan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akidah akhlak melalui pembelajaran dengan menggunakan media grafis pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015”. Sesuai dengan tujuan tersebut, maka hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut: “Penggunaan Media grafis dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi akidah akhlak pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya dengan menggunakan 24 peserta didik sebagaia sampel. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini, maka digunakan pendekatan statistik yaitu dengan menggunakan rumus persentase dengan alasan bahwa rumus persentase dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan (selisih) data hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan siklus pembelajaran. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: “Penggunaan Media grafis dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi akidah akhlak pada peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 14 Apr 2020 00:29
Last Modified: 14 Apr 2020 00:29
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item