Loyalitas Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Baitul Maal Wattamwil (BMT) “Al-Ihsan” Mataram Baru

Octavianeta, Lilia (2012) Loyalitas Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Baitul Maal Wattamwil (BMT) “Al-Ihsan” Mataram Baru. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
LILIA OCTAVIANETA (IAIN Metro).pdf - Other

Download (359kB) | Preview

Abstract

Loyalitas merupakan kesetiaan pada sesuatu dengan rasa cinta, sehingga
dengan rasa loyalitas yang tinggi seseorang merasa tidak perlu untuk
mendapatkan imbalan dalam melakukan seseuatu untuk orang lain atau
perusahaan tempat dia meletakkan loyalitasnya. Loyalitas pelanggan merupakan
kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan yang telah menyediakan barang atau
jasa kepadanya. Loyalitas pelanggan kerap kali dikaitkan dengan perilaku
pembelian ulang, sedangkan loyalitas nasabah merupakan kesetiaan nasabah
terhadap penyedia jasa yang telah memberikan pelayanan
Pelayanan sebagai suatu kegiatan atau keuntungan yang ditawarkan suatu
kelompok kepada yang lainnya dan pada dasarnya tidak berwujud dan tidak
menyebabkan kepemilikan terhadap apapun. Kualitas pelayanan merupakan
perbedaan antara kinerja yang diterima dengan harapan. Kualitas pelayanan
mempunyai peran yang sangat penting, dan akan berpengaruh pada tingkat
kepuasan nasabah yang selanjutnya akan menentukan tingkat loyalitas dari para
nasabah BMT. Oleh karena itu kualitas pelayanan hendaknya mendapat perhatian
dan prioritas yang utama.
BMT sebagai lembaga keuangan syari’ah dalam menjalankan usaha
hendaknya dilakukan dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para
nasabahnya. Eksistensi dan perkembangan perusahaan jasa banyak tergantung
pada kualitas pelayanan. Dengan kualitas pelayanan yang baik maka nasabah akan
merasa puas dan selanjutnya menumbuhkan loyalitas nasabah pada pihak
penyedia jasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi para
nasabah tentang kualitas pelayanan di BMT Al-Ihsan Mataram Baru. Jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang menggunakan
teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi.
Wawancara yang dilakukan terhadap pimpinan dan karyawan BMT Al-Ihsan
Mataram Baru. Populasi dari penelitian ini adalah para nasabah yang aktif
menggunakan jasa yang diberikan BMT yakni 213, sample dalam penelitian ini
berjumlah 12 orang yaitu terdiri dari 3 orang pengurus dan 9 orang dari para
nasabah. Semua data yang dihasilkan kemudian peneliti analisa dengan
menggunakan teknik analisa kualitatif yang menggunakan cara berfikit induktif.
Dari hasil penelitian ternyata secara teknis praktek pelayanan yang
diberikan kepada para nasabah belum sejalan dengan teori. Kualitas pelayanan
belum sepenuhnya sempurna, artinya kualitas pelayanan yang diberikan belum
cukup baik dan belum sepenuhnya memenuhi harapan para nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 13 Apr 2020 02:53
Last Modified: 13 Apr 2020 02:53
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3059

Actions (login required)

View Item View Item