Strategi mempertahankan nasabah pembiayaan mikro di Bank Syariah Mandiri Kantor Fungsional Non Operasional Sales Outlet Way Jepara Lampung Timur

Agustina, Ria (2020) Strategi mempertahankan nasabah pembiayaan mikro di Bank Syariah Mandiri Kantor Fungsional Non Operasional Sales Outlet Way Jepara Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RIA AGUSTINAa.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menjaga perbankan untuk tetap berdiridan beroperasisalah satunya dapat dilakukan dengan mempertahankan nasabah yang menjalin kerja sama dengan bank. Sebuah bank harus memiliki strategi tersendiri untuk hal tersebut. Maka dari itu, Bank Syariah Mandiri KFNO SO Way Jepara menerapkan strategi relationship marketing dengan tujuan mempertahankan usahanya dalam kurun waktu yang lama. Relationship marketing berhubungan dengan kerja sama yang baik tanpa adanya pihak yang dirugikan untuk mencapai kepuasan bersama.Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi relationship marketing yang diterapkan dari tahun 2016 sampai 2018 akan tetapi ditahun 2018 mengalami penurunan jumlah nasabah pembiayaan mikro meskipun strategi yang digunakan tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Maka penelitian ini berupaya untuk mendapatkan fakta di lapangan tentang bagaimana penerapan strategi relationship marketing dan kendala dalam penerapan strategi relationship marketing di Bank Syariah Mandiri KFNO SO Way Jepara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Bank Syariah Mandiri KFNO SO Way Jepara Lampung Timur,yang bersifat deskriptifdengan berupaya mengumpulkan fakta yang ada tentang penerapan dan kendala dalam strategi relationship marketing untuk mempertahankan nasabah pembiayaan mikro. Teknik pengumpulan data melalui wawancaradengan karyawan micro banking manager, micro financing analys, micro financing sales, dan nasabah pembiayaan mikro, teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi melalui selebaran brosur, visi misi dan struktur organisasi.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan strategi mempertahankan nasabah pembiayaan mikro di Bank Syariah Mandiri KFNO SO Way Jepara adalah menggunakan strategi relationship marketing, yaitu dengan mendasarkan wajib adanya maintance, loyalitas nasabah, serta komunikasi yang intens dan efektif. Namun, dari strategi relationship yang di terapkan oleh Bank Syariah Mandiri KFNO SO Way Jepara, masih terdapat beberapa kendala, diantaranya nasabah yang tidak ingin mengambil pembiayaan lagi karena belum membutuhkannya, belum ratanya pemberlakuan maintance oleh karyawan marketing dan kerja sama antar karyawan marketing belum maksimal. Dengan adanya kendala tersebut tidak dipungkiri dapat berakibat pada jumlah nasabah pembiayaan ulang yang mengalami penurunan pada tahun 2018. Maka dari itu Bank Syariah Mandiri KFNO SO Way Jepara harus melakukan upaya yang lebih baik lagi untuk mengatasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:49
Last Modified: 01 Jul 2020 03:49
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item