Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Di Smp Daarul Ma’arif Natar Kabupaten Lampung Selatan

Yuliyansyah, . (2012) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Di Smp Daarul Ma’arif Natar Kabupaten Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
YULIYANSYAH PUTRA 0732271 (IAIN Metro).pdf - Other

Download (323kB) | Preview

Abstract

Upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam semua dimensi yaitu membangun manusia secara utuh baik secara vertikal maupun horizontal untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berkepribadian muslim, keadaan lingkungan sangat berpengaruh terhadap pendidikan baik jasmani maupun rohani. Namun pada kenyataanya, masih banyak anak yang berakhlak kurang baik yang pada dasarnya mereka telah dididik, dibimbing dan dibina oleh orang tua dan guru dalam lembaga pendidikan yang baik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui “Apakah ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa. Adapun Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Ha : ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa; dan Ho : tidak ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa tes yang digunakan untuk melihat hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan observasi yang berbentuk observasi non partisipan digunakan untuk menilai akhlak siswa di lingkungan sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Chi Kuadrat (Chi Square).

Berdasarkan hasil perhitungan statistik tentang pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa diperoleh harga chi kuadrat hitung (xh²) = 14,280 adalah lebih besar dari chi kuadrat tabel baik pada taraf signifikasi 1% dan taraf signifikasi 5% atau 13,227<14,280>9,488. Dengan demikian Hipotesis Kerja (Ha) yang menyatakan ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa diterima sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 06 Apr 2020 12:42
Last Modified: 06 Apr 2020 12:42
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item View Item