Bentuk-Bentuk Pendampingan Belajar Oleh Orangtua Untuk Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas XI MA Ma’arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2015/2016

Azis, Miftahul (2016) Bentuk-Bentuk Pendampingan Belajar Oleh Orangtua Untuk Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas XI MA Ma’arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
092.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketuntasan belajar ditentukan oleh banyak faktor, dalam belajar perluadanya unsur konsentrasi dan perhatian, sehingga peserta didik dapatberfokus apa yang dipelajari. Di samping itu orangtua juga mempunyaikewajiban untuk mendampingi belajar anak agar dapat mencapai keberhasilanyang diinginkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pendampinganbelajar oleh orangtua masih tergolong kurang sehingga mempengaruhi hasilbelajar Fiqih peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentukpendampingan belajar yang dilakukan orangtua pada peserta didik,mengetahui bentuk-bentuk faktor pendukung pendampingan belajar yangdilakukan orangtua pada peserta didik, dan mengetahui bentuk-bentuk faktorpenghambat pendampingan belajar yang dilakukan orangtua pada pesertadidik kelas XI MA Ma’arif 1 Punggur Tahun pelajaran 2015/2016.Guna mencari kebenaranya penulis buktikan dengan melakukanpenelitian. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian deskriptifkualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,wawancara (interview), dokumentasi dengan populasi sebanyak 52 pesertadidik dan peneliti mengambil sampel sebanyak 10 peserta didik atau sekitar19% dari keseluruhan populasi yang ada.

Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwabentuk-bentuk pendampingan belajar oleh orangtua yang tepat untukmeningkatkan hasil belajar peserta didik. Bentuk-bentuk pendampinganbelajar yang dilakukan orangtua pada peserta didik yaitu dengan memberikanbimbingan dan nasehat. Pendampingan belajar oleh orangtua yang diberikanuntuk peserta didik ketika mengalami kesulitan dalam belajar. Orangtuadengan relasi meluangkan waktu yang cukup besar untuk mendampingipeserta didik akan membuka peluang dan mendorong peserta didik secarapositif untuk mau memanfaatkan waktu kosong dengan menganalisa kegiatanyang penting agar peserta didik termotivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Apr 2020 06:06
Last Modified: 08 Apr 2020 06:06
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item View Item