Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Kelas V MI AN-Nuurguppi Mojopahit Punggur Tahun Pelajaran 2015/2016

Arimukti, Rizky (2016) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Kelas V MI AN-Nuurguppi Mojopahit Punggur Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
164.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other

Download (824kB) | Preview

Abstract

Pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan sebuah konsep pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan nyata.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendahpada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V MI AN-NUUR GUPPIMojopahit. Pendekatan serta proses pembelajaran yang digunakan dalampembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih didominasi oleh ceramah danpenugasan secara individual. Sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajarandan kurang antusias/tertarik dalam mengikuti pembelajaran Ilmu PengetahuanSosial. Untuk membuat proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menjadilebih menyenangkan, siswa aktif dan tercapainya tujuan pembelajaran, penelitimenerapkan pendekatanContextual Teaching and Learning.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa padamata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V MI AN-NUURGUPPI Mojopahit, setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatanContextualTeaching and Learning T.P. 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas mengaplikasikan model yang dikembangkan oleh SuharsimiArikunto. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan duakali pertemuan.Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahapperencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan siswa yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 14 putra dan 9 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah statistik deskriptif yaitu denganmencari nilai rata-rata.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalamipeningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa yaitu60% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%, sehingga terjadi peningkatansebesar 26%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanpendekatanContextual Teaching and Learning,dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V MI AN-NUUR GUPPIMojopahit T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Apr 2020 02:05
Last Modified: 15 Apr 2020 02:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item