Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipejigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 3 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015

Sari, Marsiana Ika Puspita (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipejigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 3 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
095.Tar.15 IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar IPA pada dasarnya pelajaran IPA dianggap kurang menarik, sehinggasiswa kurang konsentrasi dan tidak memperhatikan penjelasan guru, tingkatpemahaman siswa masih rendah, siswa juga malas bertanya ketika diberikankesempatan, dan kurangnya penggunaan metode dalam proses pembelajaran yangdapat menarik perhatian dan membantu pemahaman siswa. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakahpenerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajarIPS pada siswa kelas V SD Negri 3 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur tahunpelajaran 2014/2015?.

Adapun tujuan penelitian ini adlaah untuk mengetahuipenerapan model kooperatif tipe jigsaw dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan IPS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Pekalongan Lampung TimurTahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakandi SD Negeri 3 Pekalongan 2014/2015 siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa.Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari 3 kalipertemuan. Tiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan, untuk merencanakan kegiatan pembelajaran serta menyiapkan instrument penelitian, (2) pelaksanaan, yaitumelaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan menggunakan modelpembelajaran tipe jigsaw padamata pelajaran IPS, (3) Pengamatan, yaitupengumpulan data melalui lembar observasi dan hasil belajar, (4) Refleksi, yaitumenganalisis hasil pengamatan. Dan analisis data menggunakan rumus rata-rata.

Berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatanketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 58,33% dan siklus II sebesar 83,33.Jadi hal ini berarti terjadi peningkatan 25%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkanbahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi peninggalan sejarahpada hindu-budha dan islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Apr 2020 06:40
Last Modified: 20 Apr 2020 06:40
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3147

Actions (login required)

View Item View Item