Penggunaan Metode Kerja Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Suak Sidomulyo Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014

Astuti, Eka (2013) Penggunaan Metode Kerja Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Suak Sidomulyo Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
EKA ASTUTI (0956545) IAIN Metro.pdf - Other

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakandalam 2 siklus dengan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Subjek penelitianini adalah, pesert didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah SuakSidomulyo Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlahsiswa 20 orang pada mata pelajaran aqidah akhlak.Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut “ apakahpenggunaan metode kerja kelompok akan meningkatkan Hasil Belajar aqidah akhlakPada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Suak SidomulyoLampung Selatan ?”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui ApakahPenggunaan metode kerja kelompok akan meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajaraqidah akhlak Pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah SuakSidomulyo Lampung Selatan Tahun Pelajaran Semester Ganji 2013/2014

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar siswadengan menggunakan tes, dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan belajarsiswa, serta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan rumus rata-rata danpersentase. Dilihat dari rata-rata hasil belajar terjadi peningkatan yang ditunjukkandari rata-rata nilai pada siklus I adalah 65 % menjadi 100 % pada siklus II. Hal iniberarti terjadi peningkatan.

Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode kerjakelompok dapat meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pada siswa kelasVMadrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Suak Sidomulyo Lampung Selatan. Hal inidapat dilihat dari persentase Peserta didik yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 100 % , dengan peningkatan sebesar 35 % . Berdasarkan data-data tersebut di atas peneliti dapat memberikan jawaban terhadap hipotesistindakan dalam penelitian yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Apr 2020 07:45
Last Modified: 16 Apr 2020 09:37
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3152

Actions (login required)

View Item View Item