Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas V MIM Hadimulyo Timur Metro Pusat Tahun Pelajaran 2014/2015

Marlinawati, . (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas V MIM Hadimulyo Timur Metro Pusat Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro (6).pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itu kita perlu meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan metode-metode yang sudah berkembang. Salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari pemahaman dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIM Hadimulyo Timur masih banyak mengalami kelemahan salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan masalah tersebut perlunya memperbaiki pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunkan metode inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan 2 siklus dan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Objek tindakan penelitian ini kelas V MIM Hadimulyo Timur dengan sejumlah 18 siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi mendengarkan cerita pendek.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIM Hadimulyo Timur Metro Pusat Tahun Pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunkan metode inkuiri.

Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dalam pengumpulan data penulis menggunakan dokumentasi berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas dan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa.

Hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: metode inkuiridapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIM Hadimulyo Timur. Hal ini dapat dilihat pada ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapat persentase 72% dan siklus II 100%, terjadi peningkatan sebesar 28%. Berdasarkan data-data dan hasil analisis sehingga hipotesis yang penulis ajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani .
Date Deposited: 30 Apr 2020 09:38
Last Modified: 30 Apr 2020 09:38
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item