Optimalisasi Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Negeri 1 Metro Tahun 2013/2014

Afriyanto, . (2014) Optimalisasi Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Negeri 1 Metro Tahun 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses perubahan kurikulum memang tidak bisa dihindarkan lagi. Kurikulum itu selalu dinamis dan senantiasa dipengaruhi oleh perubahanperubahan dalam faktor-faktor yang mendasarinya. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka untuk menjamin berjalan dan berhasilnya sebuah kurikulum dapat dilihat dari proses pembelajaran dikelas sebagai bentuk implementasi dari kurikulum yang diterapkan. Proses pembelajaran dengan kurikulum baru adalah dengan melihat optimalnya pembelajaran di SMA Negeri 1 Metro pada mata pelajaran PAI yang melibatkan seluruh siswa kelas x (sepuluh) IPA dan IPS sebagai subjek belajar yang secara aktif mengobservasi, menanya, mengeksplorasi atau menalar, mengasosiasi dan mengomunikasikan materi pelajaran.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan yang sudah dilaksanakan selama satu bulan dengan satu kali pertemuan pada tiap-tiap kelas untuk diobservasi. Rumusan masalah ini adalah bagaimanakah optimalisasi peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Metro?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Metro. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif.

Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa upaya pengoptimalan kurikulum baru telah dilakukan sejak awal disosialisasikannya kurikulum ini. Pemahaman guru hingga implementasi pembelajaran dikelas terus diupayakan agar siswa dapat secara aktif ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat terlihat dari data tingginya keaktifan siswa yang mengikuti program pembelajaran kurikulum baru berdasarkan indikator yang telah ditetapkan diatas yakni kemampuan siswa dalam mengobservasi, menanya, mengeksplorasi atau menalar, mengasosiasi dan mengomunikasikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 30 Apr 2020 09:38
Last Modified: 30 Apr 2020 09:38
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3180

Actions (login required)

View Item View Item