Penerapan Metode Modeling The Way Dalam Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SD Negeri 03 Sidomulyo Kab Lampung Timur 2017/2018

Oktavia, Nanda Weny (2018) Penerapan Metode Modeling The Way Dalam Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SD Negeri 03 Sidomulyo Kab Lampung Timur 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NANDA WENY OKTAVIA.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Mata pelajara IPA dalam struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar memiliki kedudukan yang strategis dan pundamental . Hal ini disebabkan karena IPA mempunyai peran yang penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan . IPA perlu diberikan kepada siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berfikir logis, sistematis, dan kritis dalam mengkomunikasikan ide, gagasan atau dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasakan prasurvei yang dilakukan pada tanggal 15 Maret 2017 pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negri 03 Sidomulyo belum seluruhnya mencapai KKM. Beberapa siswa kebiasaan dalam pembelajaran IPA siswa pasif, siswa bermain-main, siswa ribut di dalam proses pembelajaran, ketika dijelaskan kurang memperhatikan, sehingga berdampak pada minimnya pemahaman tentang materi yang berakibat pada tingkat kelulusan belajar yang hanya sekitar 37,03% saja siswa yang belum mencapai KKM dari 23 siswa”1

Ada beberapa siswa dikelas kurang memperhatikan penjelasan dari guru, siswa cenderung lebih suka bermain-main dalam kegiatan pembelajaran, serta siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Serta diperoleh data hasil ujian tengah semester(UTS) mata pelajaran IPA tahun pelajaran 2016/2017ada 11 orang siswa (37,03%) yang memperoleh nilai <75 dan yang tuntas sebanyak 17 siswa (62,96%) memperoleh nilai >75. Ddapat peneliti ketahui bahwa criteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan di SD NEGERI 03 SIDOMULYO pada mata pelajaran IPA sebesar 75Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Modelling The Way dalam Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 03 Sidomulyo kab Lampung Timur TP 2018/2017 ?

Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe modeling the way pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 03 Sidodadi dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase ketuntasan Aktivitas belajar secara klasikal pada siklus I 57% dan pada siklus II 100%. terjadi peningkatan persentase ketuntasan Aktivitas belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 43%. Ratarata hasil belajar siswa pada siklus 1 57%, Pada siklus II 100% dan terjadi peningkatan sebesar 43 %

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 11 May 2020 06:42
Last Modified: 11 May 2020 06:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3182

Actions (login required)

View Item View Item