Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V SD Negeri 1 Pajaragung Kecamatan Pringsewu Tahun Pelajaran 2017/2018

Setyorini, Puspita Siti (2018) Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas V SD Negeri 1 Pajaragung Kecamatan Pringsewu Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI PUSPITA SITI SETYORINI.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang terlibat langsung atau kurang berperan aktif dalam pembelajaran dan masih rendahnya nilai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V SD Negeri 1 Pajaragung Kecamatan Pringsewu. Berbagai metode pun telah digunakan seperti ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi tetapi metode tersebut belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. Untuk membuat proses pembelajaran melibatkan siswa secara langsung untuk mengamati peristiwa atau kejadian yang terjadi pada suatu obyek, yang hakikatnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk membuat proses pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan siswa secara langsung dan membuat siswa mengamati peristiwa suatu obyek, maka dilakukan penelitian untuk menggunakan metode Eksperimen.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Pajaragung, melalui penggunaan metode Eksperimen Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari tiga tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap refleksi.

Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 1 Pajaragung, pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 putra dan 7 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang berupa tes pretes diawal siklus dan postes diakhir siklus, observasi berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru dan dokumentasi berupa video dan foto dalam pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan presentase sebesar 64,58% dan pada siklus II sebesar 92,5% atau mengalami peningkatan sebesar 27,92%. Hasil belajar siswa mendapatkan presentase pada siklus I sebesar 65%, pada siklus II mendapatkan presentase 85% atau mengalami peningkatan sebesar 20%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Pajaragung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 09 May 2020 22:59
Last Modified: 09 May 2020 22:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item