Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Kepribadian Muslim Siswa MA ‎Daarut ‎Tarbiyah Madukoro Kotabumi Utara Lampung Utara

Nasrullah, Muhammad (2019) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Kepribadian Muslim Siswa MA ‎Daarut ‎Tarbiyah Madukoro Kotabumi Utara Lampung Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI M. NASRULLAH.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya potensi siswa menjadi manusia yang memiliki ‎kepribadian mulia, tidak terlepas dari upaya guru dalam memberikan ‎bimbingan dan membina kepribaidan muslim. Guru berperan ‎sebagai figur panutan bagi siswa dalam mengidentifikasi norma dan nilai-nilai ‎kepribadian yang sesuai ajaran Islam. Melalui guru siswa mengidentifikasi nilai baik dan buruk yang ‎diperoleh dari pemahaman materi yang diajarkan dan bimbingan yang diberikan guru.

Pertanyaan yang dalam penelitian ini yaitu‎ : “Bagaimana upaya guru Akidah Akhlak dalam membina kepribadian muslim pada siswa MA Daarut ‎Tarbiyah Madukoro Kotabumi Utara?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya guru Akidah Akhlak dalam membina kepribadian muslim pada siswa MA Daarut ‎Tarbiyah Madukoro Kotabumi Utara. Desain‎penelitian‎ini‎menggunakan‎ penelitian‎ kualitatif‎ ‎lapangan‎ (field research).‎ Pengumpulan‎ data‎ menggunakan‎ wawancara,‎‎dokumentasi,‎‎observasi,‎‎analisis‎lisis‎data‎menggunakan‎‎teknil‎analisis‎ data‎‎kualitatif‎yang‎terdiri‎data‎‎reduction,‎data display‎dan‎conclusion/verivication.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya guru Akidah Akhlak dalam membina ‎kepribadian muslim ‎pada ‎siswa MA Daarut ‎Tarbiyah Madukoro Kotabumi Utara dilakukan ‎dengan ‎menanamkan nila-‎nilai keislaman dalam hubungan dengan ‎Allah, membimbing ‎siswa ‎menjalankan ‎perintah agama dan menjauhi larangannya, ‎dan ‎membimbing siswa bersyukur dan ‎Berdoa kepada ‎Allah. Guru Akidah ‎Akhlak menanamkan nilai-nilai ajaran Islam ‎dengan
menyampaikan materi ‎tentang dasar dasar ajaran Islam,‎
‎ seperti rukum iman dan ‎rukun Isla Penyampaian materi dilakukan melalui
pendalaman dan ‎perluasan ‎materi ‎dengan ‎mengaitkan perilaku ‎atau ‎peristiwa yang terjadi di ‎masyarakat, ‎dan sering ‎dilihat siswa. Siswa ‎diarahkan untuk menyadari ‎konsekuensi ‎keimanan agar ‎dipraktikkan dalam perilaku sehari-hari. Guru Akidah ‎Akhlak ‎membimbing siswa ‎menjalankan ‎perintah agama, menumbuhkan ‎suasana ‎religius di sekolah, dan be‎kerjasama dengan guru ‎lain ‎dalam ‎memberi ‎bimbingan. ‎Penyampaian materi di kelas dilanjutkan ‎dengan program ‎sekolah ‎lainnya, seperti praktik ‎ibadah, ‎bersuci, ‎dan kegiatan lain di sekolah ‎yang relevan. Guru Akidah ‎Akhlak membimbing dan mengingatkan ‎siswa ‎agar selalu menggantungkan harapan kepada Allah ‎dan berserah diri kepada-‎Nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 May 2020 04:23
Last Modified: 26 May 2020 04:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item