Keefektifan Penggunaan Teknik Lagu Untuk Menguasai Qowaid Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Islam Terpadu Baitul Muslim Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016

Wahyudi, Uun Tri (2016) Keefektifan Penggunaan Teknik Lagu Untuk Menguasai Qowaid Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMA Islam Terpadu Baitul Muslim Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Qowaid adalah salah satu bagian terpanting dalam mempelajari bahasa Arab. Tanpa penguasaan qowaid siswa tidak akan mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab dengan baik. Namun dalam praktiknya, banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk mempelajari qowaid, selain karena qowaid dianggap sulit, proses pengajaran yang menjenuhkan juga menjadi salah satu penyebab sulitnya siswa memahami qowaid. Untuk itu diperlukan adanya beberapa teknik baru yang menyenangkan yang membuat siswa mudah mengahfalkan dan menguasai qowaid. Diantaranya adalahteknik lagu.

Diantara masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Peserta didik merasa kesulitan dalam menghafalkan qowaid. 2) Peserta didik cepat lupa dengan qowaid yang telah dipelajari dan dihafalkan. Penelitian ini bersifat Eksperimen yang dilakukan kepada siswa kelas XI SMA IT Baitul Muslim Lampung Timur.

Tujuan dalam penelitian ini adalah : Mengetahui keefektifanpenggunaan teknik lagu untuk menguasai qowaid yang dapat membuat peserta didik lebih mudah menghafal qowaid dan menjaga agar tidak cepat lupa dengan qowaid yang telah dipelajari dan dihafalkan Peserta didik di kelas XI Sekolah Menegah Atas Islam Terpadu Baitul Muslim (SMA IT BM) Lampung Timur 2015/2016. Manfaat dalam penelitian ini adalah : 1)Bermanfaat untuk mengembangkan khasanah ilmu pengetahuan terutama Ilmu Pendidikan Bahasa Arab. 2)Bermanfaat sebagai sumbangsih pemikiran kepada guru Sekolah Menegah Atas Islam Terpadu Baitul Muslim (SMA IT BM) Lampung Timur. 3)Bermanfaat bagi penulis, yaitu bahwa sebagai calon pendidik, penulis harus memahami bahwa keefektifan teknik laguuntuk menguasaiqowaid dapat membuat peserta didik lebih mudah menghafal qowaid dan menjaga agar tidak cepat lupa dengan qowaid yang telah dipelajari dan dihafalkan Peserta didik.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : metode tes, metode interview dan metode dokumentasi. Dan rumus dalam penelitian ini adalah ANOVA.

Dari hasil analisa data yang telah peneliti lakukan dengan menggunakan rumus fo menunjukkan bahwa besarnya harga fo dengan harga kritik nilai tabel “F” ternyatafo lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 1% maupun pada taraf 5%, atau 4,08<13,52>2,74. Ini berarti terdapat keefektifan Penggunaan Teknik Lagu untuk menguasai qowaid bahasa arab siswa kelas XI SMA IT Baitul Muslim Lampung Timur 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani .
Date Deposited: 26 May 2020 04:23
Last Modified: 26 May 2020 04:23
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item View Item