Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Membaca Teks Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs Maarif 01 Punggur LAMPUNG TENGAH

Sunjanuari, Eka (2016) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Membaca Teks Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs Maarif 01 Punggur LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
108.Tar.16.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Team Asissted Individualization (TAI) merupakan sebuah program pedagogik yang berusaha mengadaptasikan pembelajaran dengan perbedaan individual siswa secara akademik. Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) dapat mendukung praktikpraktik ruang kelas, seperti pengelompokkan kemampuan didalam kelas, pengajaran terprogram dan pengajaran berbasis komputer. Dengan metode ini peningkatan membaca teks Arab akan lebih mudah, kemampuan membaca teks Arab siswa dapat memenuhi indikator yang diharapkan oleh guru.

‌Rumusan masalah dalam penelitian ini Adakah pengaruh signifikan pengguanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ma’arif 01 Punggur Lampung Tengah ?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan membaca teks Arab pada siswa kelas VIII MTs Ma’rif 01 Punggur Lampung Tengah dan sekaligus menguji hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan membaca teks Arab.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan disain true exsperimental design, dengan jenis the post test only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Mts Maarif 01 Punggur Lampung Tengah yang berjumlah 144 siswa, dan sampel dalam penelitian ini didapatkan dengan teknik cluster sampling dengan jumlah 72 siswa yaitu kelas VIII B dan VIII C.

Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode penunjang. Dan untuk teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus T-Test.


Hasil menunjukan bahwa ???????? lebih besar dari ???????????????????????? pada df = 35 baik pada taraf signifikan 5% (2,03) maupun pada taraf signifikan 1% (2,72) atau (2,03 < 9 >2,72). Dengan hasil perhitungan ???????? lebih besar dari ???????????????????????? maka hipotesis dalam penelitian ini yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan membaca teks Arab pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif 01 Punggur tahun pelajaran 2014/2015” diterima.

Simpulan penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan membaca teks Arab pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif 01 Punggur Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani .
Date Deposited: 26 May 2020 04:23
Last Modified: 26 May 2020 04:23
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item