Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015

Khoiriyah, Anis Yemi (2015) Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
ANIS YEMI KHOIRIYAH NPM.1167211 IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidik mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan. Disamping itu juga bahwa baik mengajar maupun mendidik merupakan tugas dan tanggung jawab pendidik sebagai tenaga profesional. Oleh sebab itu, tugas yang berat dari seorang pendidik ini pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh pendidik yang memiliki kompetensi profesional yang tinggi. Melihat perkembangan peserta didik, bukan hanya kompetensi profesional pendidik saja yang dibutuhkan, tetapi motivasi belajar yang berasal dari dalam diri peserta didik tersebut juga dibutuhkan agar proses belajar-mengajar dapat berjalan lancar dan hasil belajar dapat tercapai secara maksimal.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional yang dimiliki pendidik sudah cukup baik, namun motivasi belajar peserta didik cendrung rendah sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didikpun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik dan Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 dan tehnik pengambilan sampelnya menggunakan Cluster random sampling dan setelah diundi yang menjadi sampel adalah kelas VIII C yang terdiri dari 25 peserta didik dan 2 orang non Islam sehingga yang dijadikan sampel sebanyak 23 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket, dokumentasi, dan observasi.

Berdasarkan analisis terhadap data yang penulis peroleh dalam penelitian ini, maka tolak Ho dan terima Ha artinya : Ternyata thitung > ttabel atau 2,507 > 2,080, berarti ada pengaruh kompetensi profesional pendidik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Ternyata thitung > ttabel atau 2,286 > 2,080, berarti ada pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015.

Setelah dihitung ternyata fhitung > ftabel atau 3,89 > 3,49, maka hipotesis yang penulis ajukan diterima, berarti adanya pengaruh yang erat antara kompetensi profesional pendidik dan motivasi belajar peserta didik secara bersamaan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 May 2020 02:54
Last Modified: 29 May 2020 02:54
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item View Item