Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV MI Masyariqul Anwar Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013

Fuadah, Siti Lulu Atul (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV MI Masyariqul Anwar Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi SITI LULU ATUL FUADAH (IAIN Metro).pdf - Other

Download (487kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan bukti seseorang telah menempuh suatu proses pendidikan, baik hasil itu tinggi atau rendah. Hasil belajar siswa kelas IV MI Masyariqul Anwar Pugung Raharjo mata pelajaran fiqih pada tahun pelajaran 2011/2012 setelah dianalisis memiliki hasil yang rendah, hal ini diduga karena penggunaan metode pembelajaran yang belum optimal. Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik jika guru mendemonstrasikan materi pembelajaran. Hal tersebut yang menjadi acuan untuk menggunakan metode demonstrasi dalam membelajarkan siswa pada materi pokok sholat Id.

Penelitian yang menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini akan dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaa, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Objek tindakan penelitian ini adalah kelas IV MI masyariqul Anwar dengan jumlah siswa 20 pada mata pelajaran Fiqih.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masyariqul Anwar Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan hasil belajar fiqih dengan menggunakan metode demonstrasi siswa kelas IV MI Masyariqul Anwar Pugung Raharjo semester genap tahun pelajaran 2012/2013.
Pengumpulan data dalam metode demonstrasi ini berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar dan tes berupa lembar evaluasi hasil belajar siswa serta dokumentasi untuk memperoleh informasi dari sekolah. Sebagai indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila siswa yang tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 70%. Sedangkan nilai KKM untuk mata pelajaran Fiqih adalah 70.

Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Metode demonstrasi dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar Fiqih siswa kelas IV MI Masyariqul Anwar Pugung Raharjo. Hal ini dilihat dari persentase siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 May 2020 02:51
Last Modified: 28 May 2020 02:51
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3271

Actions (login required)

View Item View Item