Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN Kalianda Tahun Pelajaran 2011/2012

Sutinah, . (2012) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN Kalianda Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
SUTINAH 0957955 (IAIN Metro).pdf - Other

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III MIN Kalianda Tahun Pelajaran 2011/2012,dengan KKM {Kriteria Ketuntasan Minimal} 60.

Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat / berguna dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pada sekolah dan juga diharapkan secara khusus memiliki kegunaan-kegunaan sebagai berikut : Kegunaan teoritis , hasil penelitian ini akan memperkaya kajian ilmiah, sehingga tentunya nanti akan ada penelitian yang lebih mendalam tentang persoalan ini (CTL) di masa yang akan datang. Kegunaan Praktis, Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi pihak pengambil kebijakan, dalam hal ini Dinas terkait yang berhubungan dengan mutu pendidikan.

Hipotesiss yang diuji adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa inggris di kelas 3 MIN Kalianda tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran bahasa inggris di kelas 3 MIN Kalianda tahun pelajaran 2011/2012. Hasil belajar pada pelaksanaan Pre-tes rata-rata siswa mendapatkan nilai 49,5 dan ketuntasan belajar 47,8 %.

Hasil evaluasi belajar pada pelaksanaan siklus I (pertama) rata-rata siswa mendapatkan nilai 56,5 , sehingga terjadi peningkatan hasil belajar 7,0 dan ketuntasan belajar pada siklus I ( pertama ) adalah 47,8 %, sehingga antara pre-tes dan siklus I (pertama) pada ketuntasan belajar belum terjadi peningkatan. Hasil evaluasi belajar pada pelaksanaan siklus II (kedua) rata-rata siswa mendapatkan nilai 65,9, maka terjadi peningkatan hasil belajar 16,4 dibandingkan hasil belajar pada pre-tes dan terjadi peningkatan hasil belajar 9,4 apabila dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I (pertama), sedangkan untuk Ketuntasan belajar pada siklus II (dua) adalah 65,2 % , maka terjadi peningkatan ketuntasan belajar 18,4 % apabila dibandingkan dengan ketuntasan belajar pada pretes, dan terjadi peningkatan ketuntasan belajar 16,8 % apabila dibandingkan dengan ketuntasan belajar pada siklus I (pertama).

Hasil evaluasi pada pelaksanaan siklus III (ketiga) rata-rata 78,5, maka terjadi peningkatan 29,0 apabila dibandingkan dengan hasil belajar pada pre-tes, dan terjadi peningkatan 22,0 apabila dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I (pertama) , dan juga terjadi peningkatan 12,6 apabila dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus II (kedua). Adapun ketuntasan belajar pada siklus III ( Ketiga ) adalah 91,3 % sehingga terjadi peningkatan 43,5 % dibandingkan ketuntasan belajar pada pre-tes, dan terjadi peningkatan 43,5 % apabila dibandingkan dengan ketuntasan belajar pada siklus I (pertama), terjadi peningkatan ketuntasan belajar 26,1` % apabila dibandingkan dengan ketuntasan belajar pada siklus ke II ( kedua ), Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kepada guru bahasa inggris tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning ( CTL ).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 May 2020 02:47
Last Modified: 28 May 2020 02:47
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item