Pengaruh Pengajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Permainan Bahasa Dalam Penguasaan Kosakata Siswa Kelas X SMA N 1 Gunung Pelindung Lampung Timur Tahun Ajaran 2015-2016

Damayana, Rosida (2016) Pengaruh Pengajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Permainan Bahasa Dalam Penguasaan Kosakata Siswa Kelas X SMA N 1 Gunung Pelindung Lampung Timur Tahun Ajaran 2015-2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Bahasa Arab IAIN Metro.pdf - Other

Download (755kB) | Preview

Abstract

Pemainan merupakan bagian sangat penting dalam kehidupan manusi yang tidak selalu bersifat rekreasi semata, tetapi juga bersifat edukasi. Sedangkan kosakata ( mufrodat) merupakan kumpulan kata-kata yang membentuk bahasa yang diketahui seseorang dan kumpulan kata tersebut akan digunakan menyusun kalimat atau berkomunikasi dengan masyarakat. Komunikasi seseorang yang dibangun dengan penggunaan kosakata yang tepat dan memadai menunjukan gambaran kecerdasan dan tingkat pendidikan pemakai bahasa.. Dalam proses belajar mengajar metode merupakan salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan peserta didik. Selama ini guru Bahasa Arab SMAN 1 Gunung Pelindung dalam menggunakan media ini masih kurang optimal dan hasil belajarnya belum mencapai KKM. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengoptimalkan penggunaan permainan bahasa.

Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengajaran permainan bahasa terhadap penguasaan kosakata siswa kelas X SMA N 1 GUNUNG PELINDUNG 2015-2016.Hipotesis yang diajukan oleh peneliti adalah pengajaran bahasa arab dengan menggunakan permainan bahasa terhadap penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas X SMAN1 Gunung Pelindung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengumpulan data menggunakan intrumen tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Sepuluh .

Serta teknik analisis data statistik yang penulis gunakan untuk menganalisis data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus ANOVA Hasil menunjukkan bahwa harga t hitung sebesar 32,336 sedangkan harga t tabel untuk taraf signifikan 1% diperoleh angka 7,27 dan taraf signifikansi 5% diporoleh angka 4,07. Dengan demikian t hitung lebih besar daripada t tabel, baik taraf signifikansi 1% dan 5%. sehingga hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan ada pengaruh pengajaran bahasa arab dengan menggunakan permainan bahasa) terhadap penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas X SMAN1 Gunung Pelindung Lampung timur tahun pelajaran 2015/2016 diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Maka dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak.

Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengaruh pengajaran bahasa arab dengan menggunakan permainan bahasa) terhadap penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas X SMAN1 Gunung Pelindung Lampung timur tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 May 2020 03:23
Last Modified: 28 May 2020 03:23
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item