Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas V SDN I Sumbersari Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012

Nofi, Diana (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas V SDN I Sumbersari Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Diana Nofi.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar sebagai nilai kelulusan dari serangkaian kegiatan belajar siswadipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk ketepatan pemilihan dan penerapan metode. Hasil belajar matematika siswa kelas V SDN I Sumbersari Kecamatan Sekampung masih banyak yang berada di bawah standar KKM yang ditentukan. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pemberian tugas. Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa rendah.

Jenis peelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian siklus I menunjukkan data hasil belajarsiswa dengan materi pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan Selama pembelajaran dari satu siklus dengan 3 tahap/kali pertemuan, siswa yang tuntas hanya berjumlah 56,5% pada posttest (tes akhir) siklus I dengan kriteria sedang. Hasil belajar di atasbelum menunjukkan tercapainya target yaitu siswa mampu memenuhi KKM > 65 diakhir siklus, masalah ini disebabkan karena proses pembelajaran kurang maksimal.

Hasil penelitian siklus II menunjukkan data hasil belajar siswa dengan materi tentang pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan selama pembelajaran dari siklus dengan 3 tahap/kalai pertemuan. Pada awal pretest siklus kedua hanya mencapai 56,5% dan pada akhir siklus II atau posttest dapat mencapai 82,35 dengan kategori sedang. Dalam siklus II ini hasil belajar siswa dari pemahaman materi sudah mencapai target yaitu pemahaman siswa dalam materi pelajaran pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan mencapai diatas 75% dan peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat memenuhi target KKM.

Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: “Melalui penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Sumbersari Kecamatan Sekampung Lampung Timur tahun pelajaran 2011/2012”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jun 2020 07:51
Last Modified: 08 Jun 2020 07:51
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3310

Actions (login required)

View Item View Item