Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pencapaian nilai-nilai karakter di SD Cahaya Bangsa Metro

Permana, Aris (2018) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pencapaian nilai-nilai karakter di SD Cahaya Bangsa Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ARIS PERMANA.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pencapaian nilai-nilai karakter pada siswa di SD Cahaya Bangsa, Guru pendidikan agama Islam merupakan orang yang bertugas menyampaikan, membimbing dan mengarahkanpendidikan agama Islam agar peserta didik dapat memahami tentang pendidikan agama Islam, menghayati, dan mengerti tujuannya secara menyeluruh dan akhirnya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasipembelajaran pendidikan agama islam dalam pencapaian nilai-nilai karakter pada siswa, serta persepsi pengelola sekolah tentang UURI No.20 tahun 2003 tentang sisdiknas pasal 12 ayat 1 bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.Penjamin keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji kredibilitas.Setelah data-data terkumpulsecara absah kemudiandianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Pengelola SD Cahaya Bangsa Metro memiliki sebuah kebijakan, SD Cahaya Bangsa Metro selalumemfasilitasi peserta didik dalam pembelajaranpendidikanagama, dan akan diajarkan oleh pendidik yang seagama. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Cahaya Bangsa Metro secara garis beras dapat berjalan dengan harapan, mulai dari model pembelajaran hingga proses pembelajaran itu sendiri sudah terkonsep dengan mapandalam pencapaian nilai-nilai karakter. Materi pembelajaran pendidikan agama islam di SD Cahaya Bangsa Metro selalu dikaitkan dengan nilai-nilai karakter yang ingin dimunculkan sehingga pendidikan agama Islam ada kaitannya dengan pembentukan karakter Cahaya Bangsa. Begitupun dalam penentuan metode pembelajaran yang akan digunakan bagaimana agar setiap pembelajaran selalu aktif dan menyenangkan, dan ada kaitannya dalam pencapian nilai-nilai karakter yang akan dimunculkan. Media yang digunakan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran pendidikan agama islam tentunya disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan,tentunyapendidik menyediakan media sebelum proses pembelajaran atau saat proses pembelajaran bersama-sama dengan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Jun 2020 09:13
Last Modified: 19 Jun 2020 09:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3365

Actions (login required)

View Item View Item