Implementasi Metode Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur

Ahmadi, Syarif (2020) Implementasi Metode Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS SYARIF AHMADI NPM. 1706851.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulummerupakan lembaga pendidikan agama resmi yang semakin baik dan dipercaya masyarakat, tentunya memiliki metode pendidikan akhlak yang efektif serta landasan yang diuraikan lebih jelasnya dalam visi dan misi dengan pengetahuan agama yang baik. Hal ini dipandang perlu adanya penanaman nilai-nilai akhlak dalam kegiatan belajar mengajarnya melalui implementasi metode pendidikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan proses penerapan metode pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur, indikator keberhasilan berupa peningkatan akhlak santri melalui implementasi metode pendidikan akhlak di pondok pesantren Riyadlatul ‘Ulum, serta faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode pendidikan akhlak di pondok pesantren Riyadlatul ‘Ulum.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif atau kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi tehnik/metode. Analisis data yang digunakan dalam menyimpulkan penelitian ini dimulai dari reduksi data, pemaparan data/display data, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan metode pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur dilakukan dengan berbagai kegiatan guna membentuk kepribadiandan akhlak santridi Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum. Indikator keberhasilan Implementasi metode pendidikan akhlak di pondok pesantren Riyadlatul ‘Ulum dalam peningkatan akhlaqul Karimah santri di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum ditunjukan dengan respon santri dalam mengikuti KBM yang berorientasi pada pendidikan akhlak santri, Faktor pendukungnya adalah adanya motivasi (internal dan eksternal) motivasi yang tinggi dari diri santri serta ustadz dan seluruh faktor pendukung lainya untuk menerapkan metode pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya keberagaman suku serta pengaruh negatif yang signifikan terhadap diri santri dari lingkungan teman sebaya yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:32
Last Modified: 23 Jun 2020 07:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3392

Actions (login required)

View Item View Item