Hubungan Minat Belajar dan Iklim Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa SMPN 1 Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur

Apriyani, Ayu (2020) Hubungan Minat Belajar dan Iklim Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa SMPN 1 Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS AYU APRIYANI 2.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah minat belajar siswa, siswa yang memiliki keinginan untuk belajar akan dapat dengan mudah menyerap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, selain itu kelas yang kondusif dan menyenangkan juga dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga mempengarhui prestasi belajar mereka.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, adakah hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa. adakah hubungan antara iklim kelas dengan prestasi belajar siswa. adakah hubungan anatar minat belajar dan iklim kelas secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa. tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa. untuk mengetahui hubungan antara iklim kelas dengan prestasi belajar siswa. untuk mengetahui hubungan anatar minat belajar dan iklim kelas secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan variabel bebas minat belajar dan iklim kelas variabel terikat prestasi belajar siswa. Populasi sebanyak 599 siswa dengan sampel yang digunakan yaitu 96 siswa. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasilinear berganda.
Diketahui bahwa harga Fhit > Ftab atau 5,952 > 3,09 yang berarti Ho ditolak. dengan keputusan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahawa ada hubungan antara minat belajar dan iklim kelas dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan konstribusi sumbangan secara simultan variabel minat belajar dan iklim kelas 11, 3% sedangakan 88,7% ditentukan oleh variabel lain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa akan baik semakin baik jika minat belajar siswa ditumbuhkan dengan baik dan iklimkelas dibangun baik, dan sebaliknya prestasi siswa akan buruk jika minat belajar siswa diberikan dengan tidak maksimal dan iklim kelas dibangun tidak baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:53
Last Modified: 24 Jun 2020 02:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3394

Actions (login required)

View Item View Item