Akibat hukum dalam sewa menyewa kamar kos di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur

Maynanda, Nita Enggal (2019) Akibat hukum dalam sewa menyewa kamar kos di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 011.SYARIAH.2019.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sewa-menyewa merupakan pengambilan manfaat sesuatu benda, jadi dalam hal ini bendanya tidak berkurang sama sekali, dengan perkataan lain dengan terjadinya peristiwa sewa-menyewa yang pindah hanyalah manfaat dari benda yang disewakan tersebut, dalam hal ini dapat berupa manfaat barang seperti kendaraan, rumah dan manfaat karya seperti pemusik, bahkan dapat juga berupa karya pribadi seperti pekerja. Sedangkan akibat hukum merupakan segala akibat, konsekuensi yang terjadi dari segala perbuatan hukum yang dilakukan oleh subjek hukum terhadap objek hukum ataupun akibat-akibat lain yang disebabkan oleh kejadian-kejadian tertentu yang oleh hukum yang bersangkutan sendiri telah ditentukan atau dianggap sebagai akibat hukum

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akibat hukum dalam akad sewa kamar kost di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dengan metode kualitatif adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara (interview) terhadap pemilik dan penyewa kamar kost di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dan dokumentasi yang berupa dokumen-dokumen baik dokumen yang berasal dari dokumentasi Desa maupun melalui media online sebagai penunjang skripsi ini. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan cara berfikir induktif, yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus dan kongkrit kemudian dari fakta yang khusus dan kongkrit tersebut di tarik secara generalisasi yang mempunyai sifat umum.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sewa-menyewa kamar kost di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur sistem pelaksanaannya adalah secara lisan dimana pihak pemilik menyerahkan kamar kepada pihak yang menyewa setelah adanya kesepakatan antara kedua belah pihak berupa ketetapan harga sewa yang harus dibayar oleh penyewa. Akibat hukum dalam akad sewa kamar kos di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur adalah tidak terpenuhinya obyek perjanjian yang disewa oleh pemilik kamar kost sehingga pemilik kamar kost wajib bertanggung jawab atas fasilitas yang telah dijanjikan di awal akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Dec 2019 08:16
Last Modified: 16 Dec 2019 08:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item View Item