Upaya meningkatkan perkembangan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lompat tali di TK PKK Mulyojati Metro Barat

Puswandari, Putri (2019) Upaya meningkatkan perkembangan motorik kasar anak melalui permainan tradisional lompat tali di TK PKK Mulyojati Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 300.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kemampuan motorik kasar merupakan perkembangan yang terkait dengan kemampuan menggunakan otot-otot besar yang harus dikem-bangkan sejak usia dini. Dalam kegiatan pembelajaran di TK PKK Mulyojati Met-ro Barat metode yang dilakukan pada kegiatan pengembangan fisik khususnya pada kemampuan motorik kasar anak hasil yang dicapai belum maksimal. Hal ini terlihat dari perkembangan kemampuan motorik kasar anak yang masih kurang dalam kegiatan yang dilakukan, salah satunya dalam kegiatan melompat dari ketinggian 30-50cm dengan keseimbangan badan ketika melompat. Pada kegiatan tersebut dilakukan dengan hanya melompat menggunakan tali karet.

Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan dalam penelitian ini adalah “apakah permainan tradisional lompat tali dapat mengembangkan perkembangan motorik kasar anak?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, model yang digunakan yaitu terdiri dari 2 siklus dan di fokuskan pada kegiatan pengem-bangan kemampuan motorik kasar anak dengan jumlah 15 peserta didik. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan penulis, dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dimulai dengan pengumpulan data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis pada siklus I dan siklus II maka dapat peneliti simpulkan bahwa permainan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Peserta didik yang mampu melompat dengan baik pada siklus I per-temuan ke-1 mencapai 13%, pada pertemuan ke-2 mencapai 20%, pada pertemuan ke-3 mencapai 20%. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 mencapai 33%, se-lanjutnya pada pertemuan ke-2 mencapai 67%, pada pertemuan ke-3 mencapai 80%.
orik Kasar, dan Permainan Lompat Tali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Dec 2019 12:22
Last Modified: 17 Dec 2019 12:22
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item