Pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas X SMA N 1 Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019

,, Fazriansyah (2019) Pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas X SMA N 1 Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 186.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan metode tanya jawab oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan seorang pendidik agar mampu menciptakan lingkungan kelas yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa mampu mengasah kreativitasnya dalam berfikir yang nantinya berdampak pada meningkatnya hasil belajarnya khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah ada pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas X di SMA N 1 Batanghari Lampung Timur, sedangkan populasi dalam penelitian ini sebanyak 207 siswa dengan sampel 62 siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMAN 1 Batanghari Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang penggunaan metode tanya jawab, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar Pendidikan Agama Islam, sejarah singkat berdirinya, visi misi dan tujuan, kondisi, identitas, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan serta data jumlah siswa kelas X SMAN 1 Batanghari Lampung Timur.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMAN 1 Batanghari .

Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga xhitung 23.9231 lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 16.919. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat pengaruh sangat kuat.

Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya penggunaan metode tanya jawab memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 74,99% dalam mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMAN 1 Batanghari Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Dec 2019 12:48
Last Modified: 17 Dec 2019 12:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item