Metode Pendidikan Islam (Studi Analisis Pemikiran Zakiah Darajat)

Iksmala, Anni (2019) Metode Pendidikan Islam (Studi Analisis Pemikiran Zakiah Darajat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 187.FTIK.2019.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tokoh pendidikan Islam yang memberikan kontribusi besar terhadap Pendidikan Islam. Konsep pemikiran pendidikan yang dikemukakan oleh Zakiah Daradjat adalah memahami bahwa yang menjadi tujuan dari pendidikan Islam adalah bagaimana membentuk pribadi muslim yang nantinya akan mati dalam keadaan bertakwa. Hal ini berarti bahwa pendidikan Islam itu berlangsung sepanjang hayat. Dan dilakukan bukan hanya pada kegiatan formal belaka namun juga dalam kegiatan non formal. Peneliti berdasarkan al-Qur’an bahwa pendidikan itu mempunyai arti penting menopang dan mensukseskan tugas kekhalifahan yang telah diamanahkan kepada manusia. Proses pembentukan konsep pendidikan akan dapat terwujud dengan baik manakala manusia mampu menggunakan salah satu potensi yang ada pada dirinya, yaitu berupa akal. Oleh karena itu hanya manusia yang menggunakan akalnya yang akan dapat mengemban tugas kekhalifahan itu dengan baik. Sehingga peneliti mengangkat konsep pemikiran Zakiah Daradjat, merupakan sosok intelektual muslim yang tidak hanya memfokuskan perhatiannya pada permasalahan pendidikan semata. Menurut Zakiah Daradjat metode pengajaran yang digunakan guru dalam mengajar ada 10 metode yaitu: metode ceramah, metode diskusi, metode eksperimen, metode demontsrasi, metode pemberian tugas, metode sosiodrama, metode dill, metode kerja kelompok, metode tanya jawab, dan metode proyek.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library riseach). Penekanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan kajian-kajian sebagai dasar atau bahan utama yang ditekankan dari sumber primer yang berasal dari perpustakaan dan berdasarkan pendapat tokoh.

Hasil penelitian ini adalah metode pengajaran ini terdapat 10 yang digunakan guru dalam mengajar, tetapi tidak semua metode yang digunakan semua dalam mengajar tetapi dilihat dari saran dan prasarana yang ada disekolah, tetapi banyak guru atau pendidik yang sering menggunakan metode pengajaran yaitu metode ceramah, metode diskusi dan metode tanya jawab, karena metode ini sangat praktis dan tidak membutuhkan pelengkapan belajar yang banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Dec 2019 13:06
Last Modified: 17 Dec 2019 13:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item