Dampak Penggunaan Media Sosial Pada Akhlak Remaja Di Desa Kedaton Induk Lampung Timur

Tanjung, Yuyun Novia (2019) Dampak Penggunaan Media Sosial Pada Akhlak Remaja Di Desa Kedaton Induk Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 189.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media sosial mengajak siapa saja untuk berpartisipasi dengan memberi feedback secara terbuka memberikan komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial mempunyai pengaruh yang besar bagi kehidupan masyarakat. Media sosial sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi web, dengan media sosial, sehingga media sosial dapat di akses di mana saja dan kapan saja sehingga penggunaan media sosial sudah menjadi rutinitas sehari-hari, terutama di kalangan remaja. Remaja yang masih memiliki karakter kejiwaan yang labil dan juga emosional sering salah menafsirkan informasi yang ada di facebook. Keadaan yang seperti demikian menjadikan remaja, media sosial facebook yang pada akhirnya akan menimbulakan dampak baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: dampak media sosial facebook pada akhlak remaja di desa Kedaton Induk Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (fiel research) dengan sifat penelitian deskritif kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu pecandraan mengenai situasi dan kejadian secara sistematis, faktual, dan akurat. Sumber data merupakan subyek penelitian yang memiliki kedudukan penting, diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Media sosial facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang berbasis web sebagai media interaksi sosial yang secara online untuk menghubungkan antara satu dengan yang lainnya tanpa terikat oleh ruang dan waktu. Media sosial facebook menjadi sebuah ruang lingkup dimana setiap orang dapat mengapresiasikan berbagai macam keluh kesahnya. Setiap orang dapat menggunakan media sosial facebook dari berbagai kalangan, baik dari pedesaan sampai perkotaan, yang muda bahkan sampai yang tua sudah menggunakan. 2). dampak positif yang ditimbulkan media sosial facebook diantaranya, jujur dan disiplin, menambah teman baru, sebagai alat komunikasi, sarana diskusi, dan menambah ilmu pengetahuan. Sedangkan yang tidak terlupakan juga dari dampak negative yang ditimbulkan yaitu, menipu orang tua, lupa waktu, ketersinggungan, hubungan sosial berkurang, terdapat perilaku menyimpang, dan pornografi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Dec 2019 13:47
Last Modified: 17 Dec 2019 13:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item