Strategi Pemasaran Baitul Maal Wat Tamwil dalam Meningkatkan Minat Anggota Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Di BMT Assyafiiyah Berkah Nasional KCP Kotagajah)

Lesmana, Benni Saputra (2019) Strategi Pemasaran Baitul Maal Wat Tamwil dalam Meningkatkan Minat Anggota Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Di BMT Assyafiiyah Berkah Nasional KCP Kotagajah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
BENNI SAPUTRA LESMANA - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran merupakan setiap usaha untuk mencapai kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka mencari pemecahan atas masalah penentuan dua pertimbangan pokok. Pertama,bisinis apa yang digeluti. Kedua, bagaimana bisnis yang telah dipilih tersebut dapat dijalankan dengan sukses dalam lingkungan yang kompetitif atas dasar perspektif produk, harga, prmosi, dan distribusi (bauran pemsaran) untuk melayani pasa sasaran. Murabahah yaitu akad jual beli antara dua belah pihak, dan keduanya menyepakati harga jual yang terdiri atas harga beli ditambah ongkos pembelian dan keuntungan bagi penjual. Minat merupakan salah satu aspek psikologis yang mempunyai pengaruh cukup besar terhadap perilaku dan minat juga merupakan sumber motivasi yang akan mengarahkan seseorang dalam melakukan apa yang mereka lakukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana Analisis Strategi Pemasaran BMT Dalam Meningkatkan Minat anggota Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah (studi kasus di BMT Asyafiiyah BN KCP Kotagajah). Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada karyawan dan anggota pembiayaan murabahah BMT Assyafiiyah, sedangkan dokumentasi diperoleh dari brosur dan struktur organisasi BMT Assyafiiyah. Semua data-data tersebut dianalisa secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh BMT Assyafiiyah Berkah Nasional KCP Kotagajah untuk produk pembiayaan murabahah yaitu dengan mengembangkan marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari tujuh unsur yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang) yang mana dengan penggunaan strategi pemasaran tersebut berpengaruh untuk menarik minat nasabah melakukan pembiayaan murabahah di BMT Assyafiiyah. Yang menjadi faktor pendukung perkembangan produk pembiayaan Murabahah yaitu masyarakat yang sudah mengetahui mengenai BMT Assyafiiyah dan produk-produknya. Dengan demikian timbul minat untuk menggunakan produk pembiayaan tersebut karena sudah memahami proses pembiayaan tersebut cepat dan mudah. Sedangkan faktor penghambat produk pembiayaan murabahah yaitu pemahaman masyarakat yang belum mengetahui mengenai BMT, produk dan keunggulan dari BMT Assyafiiyah Berkah Nasional KCP Kotagajah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Dec 2019 14:05
Last Modified: 17 Dec 2019 14:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item