Penerapan Teams Games Tournament Model dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam SD Negeri 1 Giri Karto Kecamatan Sekampung

Nuryani, . (2019) Penerapan Teams Games Tournament Model dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam SD Negeri 1 Giri Karto Kecamatan Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
NURYANI (NPM. 14115121).pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guruuntuk mengimplementasikan rencana pembelajaran yang telah disusun.Penggunaan metode pembelajaran secara aktif, kreatif, inovatif dan mampu menciptakan respon yang positif dari siswa melalui metode koorperatif tipe TGT. Penelitian ini dilatar belakangi masalah dalam proses pembelajaran siswa kurang memperhatikan guru saat mengajar seperti asik bermainan, ngobrol dengan teman, bahkan ada diantaranya yang berjalan-jalan ke tempat duduk temannya yang lain, dan hasil belajar siswa masih rendah serta belum mencapai KKM.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model Teams Game Tournament(TGT) dapat meningkatkan hasil belajarPendidikan Agama IslamSDN 1 Girikarto Kecamatan Sekampung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan model pembelajaran koorperatif tipe TGT mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 1 Girikarto kecamatan sekampung

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 1 Girikato kelas IV dengan jumlah siswa 33 anak. Penelitian ini direncanakan dengan dua siklus dan setiap siklusnya dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan, untuk merencanakan kegiatan pembelajaran serta menyiapkan instrumen penelitian, (2) Pelaksanaan, yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran koorperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Pengamatan, yaitu mengumpulkan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar siswa, (4) Refleksi, yaitu menganalisis hasil pengamatan. Teknik analisis data menggunakan rumus hitung rata-rata dan rumus hitung presentasi. Pengamatan dan pengumpulan data dilakukan denagn cara mengobservasi, tes hasil belajar dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koorperatif tipe TGT, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sikulus I sampai siklus II, dengan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada akhir siklus I sebesar 67,42 serta pada akhir siklus II sebesar 71,46, dengan presentase tingkat ketuntasaan pemahaman siswa mencapai 54,54% pada akhir siklus I menjadi 81,82% pada akhir siklus II. Dari hasil analisis dapatdisimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koorperatif tipe TGTdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jul 2020 01:45
Last Modified: 17 Jul 2020 01:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item