Strategi pemasaran pembiayaan Mudharabah(Studi Kasus Bank Aman Syariah Sekampung Lampung Timur)

Aprilia, Nova Siska (2018) Strategi pemasaran pembiayaan Mudharabah(Studi Kasus Bank Aman Syariah Sekampung Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NOVA SISKA APRILIA.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

PT BPRS Aman Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang berada di wilayah Sekampung Lampung Timur. Keberadaan lembaga keuangan ini baik syariah maupun konvensional tentunya menimbulkan persaingan diantara lembaga keuangan yang lain. Oleh karenanya setiap lembaga keuangan harus memiliki strategi untuk memasarkan produk-produk yang dimiliki lembaga keuangan tersebut. Strategi pemasaran merupakan sebuah rancangan yangbesar dan rencana yang menyeluruh dibidang pemasaran dalam memberikan aturan dan arahan bagaimana sebuah perusahan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.

PT BPRS Aman Syariah memiliki 6 produk pembiayaan salah satunya yaitu pembiayaan mudharabah. Mudharabahmerupakan akad kerjasama antara dua pihak dimana pihak pertama menjadi penyedia dana (shahibulmal)dan pihak kedua menjadi pengelola (mudharib). Akan tetapi pembiayaan mudharabahmemiliki jumlah nasabah yang minim jika dibandingkan dengan pembiayaan lain. Hal ini disebabkan karena minimnya sumber daya manusia pada masyarakat dalam memahami pembiayaan mudharabah, serta kurangnya pemahaman dan pengembangan dari marketing itu sendiri. Pertanyaan penelitian ini adalah “bagaimana strategi Bank Aman Syariah dalam memasarkan pembiayaan Mudharabah”?.Manfaat teoretis dari penelitian ini untuk menambah khazanah keilmuan perbankan syariah khususnya terutama dalam hal pembiayaan mudharabah. Dan manfaat praktis penelitian ini yaitu memberi masukan bagi perbankan syariah khususnya dalam memasarkan pembiayaanmudharabah.

Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Direktur dan marketing Bank Aman Syariah serta beberapa nasabah. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data mengenai profil, struktur organisasi serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan strategi pemasaran pembiayaan mudharabah.Metode yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Dan teknik analisis data menggunakan metode berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta yang khusus ditarik secara generalisasi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan strategi pemasaran pembiayaan mudharabahyang dilakukan olehBank Aman Syariah belum maksimal karena yang selama ini dilakukan hanya mencakup strategi promosi dan strategi harga saja. Strategi promosi dilakukan melalui penyebaran brosur, penjualan pribadi (personal selling), edukasi kepada masyarakat serta melalui media sosial facebookdan whatsapp. Sedangkan strategi harga dengan selalu disebutkan pendapatan bagi hasil yang selama ini didapatkan oleh Bank Aman Syariah guna membuat calon nasabah tertarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jul 2020 00:54
Last Modified: 17 Jul 2020 00:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3553

Actions (login required)

View Item View Item