Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Mata Pelajaran SBdP Melalui Metode Drill Siswa Kelas V MIN 1 Metro

Afriyani, Nia (2020) Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Mata Pelajaran SBdP Melalui Metode Drill Siswa Kelas V MIN 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NIA AFRIYANI(1601050072) PGMI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurangnya kreativitas siswa kelas V MIN 1 Metro saat pembelajaran SBdP belum berjalan secara maksimal, kurangnya kreativitas siswa dalam membuat kerajinan ataupun memanfaatkan sesuatu bahan yang dapat dijadikan barang yang bermanfaat hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran jarang sekali siswa melakukan praktek membuat bahan kerajinan, dan juga terdapat beberapa siswa yang kurang nya fokus pada saat proses pembelajaran, sehingga apa yang disampaikan oleh guru tidak begitu maksimal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar SBdP melalui metode Drill siswa kelas V MIN 1 Metro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 1 Metro.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, dan tekhnik analisis datanya dengan analisis kualiatif dan kuantitatif. Hasil penelitian kreativitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode drill disiklus I sebesar 52%. Di siklus II mencapai peningkatan hingga 100%.

Hasil kreativitas siswa dalam pembelajaran pada tema 5 sub tema 3 keseimbangan ekosistem kelas V MIN 1 Metro pada siklus I menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 15 siswa dan belum tuntas 14 siswa dengan persentase 52% dengan rata rata nilai sebesar 69,9 dan siklus II menunjukkan jumlah semua siswa tuntas yaitu sebanyak 29 siswa dengan persentase 100% dengan rata rata nilai sebesar 82,8. Namun dengan demikian angka ini sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh MIN 1 Metro yaitu 70. Oleh karena itu pembelajaran siswa pada pada tema 5 sub tema 3 keseimbangan ekosistem pada kelas V MIN 1 Metro pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.

Kata kunci: Kreativitas belajar, Drill

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Jul 2020 10:16
Last Modified: 28 Jul 2020 10:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item View Item