Penerapan Metode Fun Teaching Pada Pembelajaran Tematik Online Di SD N 5 Metro Pusat

AS, Rahayu Fitri (2020) Penerapan Metode Fun Teaching Pada Pembelajaran Tematik Online Di SD N 5 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RAHAYU FITRI AS NPM 1601050107.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode Fun Teaching pada pembelajaran tematik online adalah menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan pada pembelajaran tematik jarak jauh yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode Fun Teaching pada pembelajaran tematik online di SD N 5 Metro Pusat dan untuk mengetahui faktor faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran online.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif.

Berdasarkan pembahasan disimpulkan penerapan metode Fun Teaching pada pembelajaran tematik online di SD N 5 Metro Pusat yang dilakukan guru di grup WhatsApp kelas IV A berjalan dengan baik. Faktor pendukung dalam pembelajaran online di SD N 5 Metro Pusat yaitu memberikan keberagaman sumber refrensi yang diperoleh dari internet dan meningkatnya interaksi guru, orang tua dan siswa. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran online di SD N 5 Metro Pusat yaitu dari segi guru dan siswa mengenai pembelajaran online, kendala dari infrastruktur yang termasuk akses internet yang masih minim, dan kurang turut orang tua dalam membantu siswa saat proses pembelajaran online.

Kata Kunci: Metode Fun Teaching, Pembelajaran Tematik Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Jul 2020 10:17
Last Modified: 28 Jul 2020 10:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3646

Actions (login required)

View Item View Item