Implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih di MI Muhammadiyah Banjarsari Kecamatan Metro Utara

Addini, Fadhila (2020) Implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih di MI Muhammadiyah Banjarsari Kecamatan Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
FADHILA ADDINI (NPM. 1601010119).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan sebuah wadah yang akan menentukan arah pendidikan. Untuk pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 menekankan tercapainya kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. MI Muhammadiyah Banjarsari merupakan sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Fiqih. Implementasi Kurikulum 2013 diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena kurikulum ini pada dasarnya berpusat pada siswa. Guru hanya sebagai fasilitator dan mediator serta motivator bagi siswa, agar siswa semangat dalam belajar dan mendapat hasil baik.

Pertanyaan penelitian ini yakni 1) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran Fiqih MI Muhammadiyah Banjarsari Kecamatan Metro Utara. 2) Apa saja kendala Implementasi Kurikulum 2013 dalammeningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran Fiqih MI Muhammadiyah Banjarsari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi dan kendala yang dialami dalam kurikulum 2013 meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih di MI Muhammadiyah Banjarsari.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif dan mengambil latarbelakang di MI Muhammadiyah Banjarsari. Subjek dalam penelitian ini adalah Waka Kurikulum, Guru Fiqih dan siswa. Metode pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang peneliti gunakan adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Muhammadiyah Banjarsari sudah berjalan dengan semestinyadan hasil belajar siswa mengalami peningkatan selama persemesternya walaupun dengan berbagai kendala seperti, sarana prasarana sekolah yang kurang memadai, sistem penilaian yang masih rumit, sumber belajar yang masih kuranguntuk kegiatan pembelajaran dan siswa cenderung pasif dalam kegiatan belajar di kelas. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus demi tercapainya pembelajaran yang sesuai dengan isi dari kurikulum 2013 yakni observasi, bertanya, menalar dan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:03
Last Modified: 29 Jul 2020 02:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3715

Actions (login required)

View Item View Item