Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Kelompok BDI TK Roudlotul Ulum Wayjaha Tahun Pelajaran 2019/2020

Agustin, Aditya (2020) Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Kelompok BDI TK Roudlotul Ulum Wayjaha Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ADITYA BURNING 4.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui media buku cerita bergambar pada kelompok B di TK Roudhlotul Ulum Wayjaha.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalamdua siklus dan pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 20 anak Kelompok B TK Roudhlotul Ulum Wayjaha, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Peningkatan kreativitas dikatakan berhasil apabila 85%dari 20 jumlah anak termasuk dalam kriteria berkembang sangat baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kreativitas anak. Kreativitas anak sebelum dilakukan tindakan tidak ada 2 anak dengan kriteria baik dan sangat baik. Setelah adanya tindakan pada siklus I, kreativitas anak meningkat sebanyak 5 anak, dan pada siklus II meningkat hingga 17 anak dengan kriteria baik dan sangat baik. Dalam pembelajaran menggunakan media buku cerita bergambar, guru bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar sebagai contoh. Selanjutnya anak dapat mencoba mempraktikkan, bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar di depan teman-temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:48
Last Modified: 29 Jul 2020 06:48
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item View Item