Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Kognitif Anak melalui Bermain Balok di PAUD Ceria Banjar Rejo Lampung Timur

Susanti, Eva (2020) Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Kognitif Anak melalui Bermain Balok di PAUD Ceria Banjar Rejo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
EVA SUSANTI.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bermain merupakan kebutuhan bagi anak, karena melalui bermain anak dapat memperoleh pengetahuan yang dapat mengembangkan kemampuan dirinya.Bermain balok merupakan salah satu alat bermain konstruksi yang bermanfaat untuk anak.Balok terdiri dari berbagai bentuk, segitiga, segiempat, lingkaran, dengan berbagai warna yang menarik.Berdasarkan hasil prasurvey menunjukkan bahwa terdapat banyak anak di PAUD Ceria Banjar Rejo Lampung Timur yang perkembangan kognitifnya belum berkembang sangat baik.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankemampuan kognitif anak melalui bermain balok di PAUD Ceria Banjar Rejo Lmpung Timur.Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 16 anak PAUD Ceria Banjar Rejo Lampung Timur, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secarakualitatif. Peningkatan kemampuan kognitif dikatakan berhasil apabila 11dari 16 jumlah anak mampu mencapai kriteria perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB)dengan presentase 69%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Sebelum dilakukan tindakan belum ada anak yang berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan pada siklus I, kemampuan kognitif anak meningkat sebanyak 4anakdengan presentase 25%, dan pada silus II meningkat hingga 11 anak dengan presentase 69%kriteria berkembang sangat baik (BSB). Dalam kegiatan bermain balok, guru mengenalkan macam-macam bentuk balok dan memberikan contoh mengelompokkan balok berdasarkan bentuk, mengurutkan balok berdasarkan ukuran atau warna, mengelompokkan balok yang berpasangan. selanjutnya anak dapat mencoba mempraktikkannya, dengan teman-temanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:49
Last Modified: 19 Aug 2020 06:49
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item