Peran Kiai dalam Penerapan Metode Sorogan Kitab Safinatun Najjah di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Lampung Timur

Mubayanah, Siti (2020) Peran Kiai dalam Penerapan Metode Sorogan Kitab Safinatun Najjah di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI MUBAYANAH.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terhadap peran kiai dalam hal kepemimpinan yaitu mengelola dan melakukan pengawasan serta pertumbuhan dan perkembangan pada pondok pesantren. Pesantren dalam membekali santrinya menggunakan kajian kitab kuning yaitu dengan mempelajari kitabfikih berupa Safinatun Najjah, Fathul Qorib, Fathul Mu‟in serta kajian kitab lain. Karena di dalam kitab tersebut terdapat pembahasan mengenai kehidupan yang ada, kitab Safinatun Najjah dalam menjawab persoalan yang muncul dan terus berkembangdimasyarakat yaitu dengan menggali isi kitab tersebut, adapun pembahasan yang ada dalam kitab Safinatun Najjah berupa penjelasan bab Thaharah, bab sholat, bab puasa dan masih banyak pembahasan lain.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kiai dalam penerapan metode sorogan yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan para santri, mengetahui kelemahan serta kelebihan metode sorogan kitab Safinatun Najjah di Pondok Pesantren Riyadlatul „Ulum 39 B Batanghari Lampung timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sifat penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan subjek penelitian kiai, ustadz dan santri di Pondok Pesantrren Riyadlatul „Ulum. Narasumber yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah pengamatan (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi.Penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi.Teknik analisis data bersifat induktif.

Hasil penelitian dari peran kiai dalam penerapan metode sorogan kitab Safinatun Najjah, kiai berperansebagai sarana pendalam ubudiyyah yaitu menjalankan kewajibannya sebagai hamba untuk menyebarkan kebaikan dalam hal ini metode sorogan,kiai juga berperan memberikanarahan, bimbingan dan evaluasi mengenai jalannya pembelajaran yang ada di Pondok Pesantren, ini berfungsi agar terealisasinya tujuan kiai terhadap kewajibannya berdakwah menggunakan metode sorogan. Sesuai tujuan kiai yaitu agar santri bukan hanya mampu mengetahui tetapi dapat mengamalkan ilmu tersebut baik untuk diri sendiri maupun masyarakat lainnya. Peran ini belum maksimal karena masih banyak hambatan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Peran Kiai, Safinatun Najjah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ma'ani .
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:34
Last Modified: 02 Sep 2020 03:34
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item