Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Metro Pusat

Ani, Rita Andri (2020) Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
RITA ANDRI ANI NPM.1601050110.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalahproses perubahan sikap dan perilaku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan bisanyadisebut dengan pengajaran, karena pendidikan pada umumnya membutuhkan pengajaran dan setiap orang berkewajiban mendidik. Dalam kegiatan proses belajar disekolah untuk menyampaikan materi kepada siswa guru berperan penting untuk membimbing dan mengajarkan siswa.Pembelajaran matematika saat ini karena adanya covid 19 (Corona Virus Disease)maka pembelajaran sangat tidak efisien dan dan tidak dapat bertatap muka secara langsung antara guru, siswa dan teman-temannya. Oleh karna itu karena pandemi covid 19 inisiswa diminta belajar dirumah dengan menggunakan daring media sosial (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudahan dan kendala pembelajaran onlinematematika kelas 5 SD Negeri 5 Metro Pusat.Jenis penelitian iniadalah deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi diSD Negeri 5 Metro Pusat. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduction, d display, dan conclusion.Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara observasi bahwa pembelajaranonlinemerupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswadengan mengakses jaringan internet danmenggunakan media sosial untuk saling bertukar informasi dan interaksidengan menggunakan aplikasi whatsApps. Kemudahan pembelajaran online antara lain bagi guru hasil belajar siswa dapat diketahui secara langsung, kegiatan belajar tidakterbatas jarak, waktu dan tempat, dalam proses belajar dapat didampingi oleh orang tua, siswa dapat mengakses jaringan internet, siswa dapat memanfaatkan media yang ada dilingkungan sekitanya, memiliki banyak waktu dengan keluarga. Sedangkan kendala yangdialami guru dan siswa antara lain guru dalam mengevaluasi kegiatan belajar guruharus lebih fokus dan teliti, siswa atau orang tuanya tidak memiliki telepon genggam berbasis android,siswa atau orang tua tidak memiliki paket data internet, sulit memahamimateri yang disampaikan guru lewat media online, kurangnya pemahaman orang tua sehingga mereka tidak dapat mengajarkan kepada anaknya, jaringan internetnya yang tidak stabil.

Kata kunci: Pembelajaran, Online,Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 14 Aug 2020 08:35
Last Modified: 14 Aug 2020 08:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item