مهارة الكلام واكتسابها لدى الطلبة بمعهد روضة القرآن الإسلامي ميترو

Astuti, Adilah Hasna (2020) مهارة الكلام واكتسابها لدى الطلبة بمعهد روضة القرآن الإسلامي ميترو. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan berbicara membutuhkan situasi dan lingkungan yang mendukungnya, sehingga tidak dapat mengabaikan peran lingkungan berbahasa yang di dalamnya terdapat situasi, peristiwa dan objek berbahasa, melalui memperdengarkan bahasa atau menggunakan dalam interaksi lisan. Keterampilan berbicara sebagaimana keterampilan dalam kehidupan yang lain membutuhkan adanya pembiasaan dan praktik.

Penelitian ini berupa menjawab pertanyaan penelitian, yaitu: “Bagaimana keterampilan berbicara dan pemerolehannya pada santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Metro?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus tentang pemerolehan keterampilan berbicara pada santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Metro. Alat pengumpulan data mengacu kepada wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data mengacu kepada teknik analisis data kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan keterampilan berbicara pada santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Metro berlangsung secara bertahap dimulai dari tahapan silent/pre production period, early production, speech emergence dan intermediate fluency. Santri membutuhkan waktu setengah tahun atau lebih untuk memperoleh keterampilan berbicara pada tahap pre production period. Sebelum tahap ini, santri lebih banyak mendengarkan, mengulangi kata yang didengarnya dan menirukan ucapan. Setelah lewat setengah tahun, santri mulai dapat berbicara bahasa Arab (early production), walaupun dengan kesulitan, dan mengalami kemajuan secara bertahap sehingga mulai dapat berbicara bahasa Arab secara pasif. Setelah lewat sengah tahun yang pertama, santri mengalami kemajuan dengan bertambahnya pemerolehan kata sampai pada 500 kosakata lebih. Pada bulan ke tujuh atau delapan sejak masuk Pondok Pesantren, santri mulai dapat mengungkapkan ide dengan dua atau tiga jumlah menggunakan ungkapan sederhana (speech emergence), tetapi masih membutuhkan bimbingan dan arahan. Untuk sampai pada tahap intermediate fluency, santri membutuhkan waktu dua tahun, bahkan lebih, agar mampu memahami ucapan yang didengar secara cepat. Tetapi kemampuan ini pun masih terbatas pada aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan dan sering dipraktikkan dalam kegiatan sehari-hari, dan belum menjangkau topik secara luas dan mendalam pada berbagai bidang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 11 Nov 2020 07:18
Last Modified: 11 Nov 2020 07:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3957

Actions (login required)

View Item View Item