Upaya meningkatkan kemampuan sains melalui metode eksperimen mencampur warna kelompok B1 di TK Permata Hati Lampung Tengah

Prameswari, Devalda Marisa (2019) Upaya meningkatkan kemampuan sains melalui metode eksperimen mencampur warna kelompok B1 di TK Permata Hati Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DEVALDA MARISA PRAMESWARI NPM 1501030009_compressed - Devalda Marisa.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen mencampur warna pada anak Kelompok B1 Taman Kanak-kanak Permata Hati Lampung Tengah.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 19 anak Kelompok B1 TK Permata Hati Lampung Tengah, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Peningkatan kemampuan sains dikatakan berhasil apabila 15 dari 19 jumlah anak termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains anak. Kemampuan sains anak sebelum dilakukan tindakan tidak ada 2 anak dengan kriteria baik dan sangat baik. Setelah adanya tindakan pada Siklus I, kemampuan sains anak meningkat sebanyak 6 anak, dan pada Siklus II meningkat hingga 15 anak dengan kriteria baik dan sangat baik. Dalam pembelajaran menggunakan metode eksperimen, guru mengajak anak melakukan diskusi mengenai prosedur, peralatan, dan bahan untuk eksperimen serta hal-hal yang perlu diamati selama eksperimen kemudian memberikan penjelasan yang disertai contoh. Selanjutnya anak dapat mencoba mempraktikkan sendiri, melakukan pengamatan, membuktikan kebenaran dari prediksi yang dilakukan, mengatasi permasalahan yang timbul dalam percobaan, dan menarik kesimpulan.

Kata kunci : kemampuan sains, dan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:43
Last Modified: 26 Dec 2019 03:43
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item