Penerapan media kolase dalam meningkatkan motorik halus kelompok A di TK PKK Mulyojati 16 c Metro Barat Kota Metro

Familiani, Neti (2019) Penerapan media kolase dalam meningkatkan motorik halus kelompok A di TK PKK Mulyojati 16 c Metro Barat Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
NETI FAMILIANI NPM 1501030016 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada hakikatnya motorik halus adalah gerakan yang melibatkan otot-otot halus yang dapat menggerakan jari jemari khususnya koordinasi mata dengan tangan. Oleh karena itu motorik halus anak usia dini sagat penting untuk dikembangkan, jika kegiatan motorik halus disajikan secara monoton maka motorik halus anak akan lambat untuk berkembang. Adanya variasi media yang digunakan akan membantu motorik halus cepat berkembang sesuai dengan usianya. Hasil observasi yang dilaukan di TK PKK Mulyojati 16 C Metro Barat Kota Metro, menunjukan bahwa perkembangan motorik halus peserta didik pada kegiatan menulis, mewarnai, menggunting, menempel terdapat beberapa anak yang masih kesulitan dalam kegiatan. Dalam penetian ini rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah “apakah penggunaan media kolase bahan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didik kelompok A di TK PKK Mulyojat 16 C Metro Barat Kota Metro”.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran melalui media kolase bahan alam untuk meningkatkan motorik halus kelompok A TK PKK Mulyojati 16 C Metro Barat Kota Metro.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data hasil karya, observasi dan dokumentasi. Hasil karya digunakan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran kolase bahan alam. Kemudia observasi digunakan untuk mengetahui perkembangan motorik halus. Sedangkan dokumentasi membantu peneliti dalam memperoleh informasi tertulis maupun iv

dokumen, serta menangkap kejadian-kejadian yang muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “dengan menerapkan media kolase dapat meningkatkan moorikalus peserta didik kelompok A di TK PKK Mulyojati 16 C Metro Barat Kota Metro Tahun pelajaran 2019/2020.

Hasil penelitian, menunjukan peningkatan kemampuan motorik halus peserta didik TK PKK Mulyojati pada siklus I peserta didik yang mendapatkan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) sejumlah 8 peserta didik pada siklus ke II meningkat menjadi 11 peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:42
Last Modified: 26 Dec 2019 03:42
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item