Peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA tema 9 benda-benda disekitar siswa dengan menggunakan metode eksperimen kelas V SDN 1 Rajabasa Lama 1 Kecamatan Labuhan Ratu Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019

Anggraini, Efri (2019) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA tema 9 benda-benda disekitar siswa dengan menggunakan metode eksperimen kelas V SDN 1 Rajabasa Lama 1 Kecamatan Labuhan Ratu Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI EFRI - Efri Anggraini.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPA SDN 1 Rajabasa Lama 1, antara lain siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, guru belum menggunakan metode eksperimen dalam pelajaran IPA dan hasil nilai ulangan di bawah KKM.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas V SDN 1 Rajabasa Lama 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah siswa 32 siswa, terdiri dari 10 perempuan dan 22 laki-laki. Pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar observasi dalam proses pembelajaran, yakni untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran siswa, lembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa serta dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisa data kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa dari siklus I dan siklus II yaitu 37.5% menjadi 84.37% atau meningkat sebesar 46.87%. Hasil belajar psikomotor siswa dari siklus I sebesar 69.53%, siklus II sebesar 77.76% atau meningkat sebesar 8.23%. Hasil belajar afektif siswa siklus I sebesar 77.92% dan siklus II sebesar 87.42% atau meningkat sebesar 9.5%. Indikator keberhasilan pembelajaran kognitif siklus I dan II sebesar 84.37%, afektif siklus I dan II sebesar 77.76% dan Psikomotorik Siklus I dan II sebesar 87.42% ketiganya telah melewati target 75%. Hasil ini menggambarkan penggunaan metode pembelajaran eksperimen dalam pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Rajabasa Lama 1 Tahun Pelajaran
2018/2019.

Kata Kunci : Metode Eksperimen dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:41
Last Modified: 26 Dec 2019 03:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item