Implementasi Konsep Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali Di MTs Negeri 1 Lampung Timur

Apriani, Raras Moro (2019) Implementasi Konsep Pendidikan Islam Imam Al-Ghazali Di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RARAS MORO APRIANI NPM. 14115221 - nyi roro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam tidak bisa dipisahkan dari pendidikan akhlak. Sebab tujuan pendidikan Islam adalah pembinaan Akhlak; menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan di akhirat; penguasaan ilmu dan keterampilan bekerja dalam masyarakat. Dengan kata lain pendidikan Islam diartikan sebagai upaya sadar yang dilakukan oleh mereka yang memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan, bimbingan, pengembangan serta pengarahan potensi yang dimiliki anak agar mereka dapat berfungsi dan berperan sebagaimana hakikat kejadiannya. Maka pertanyaan pada penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi konsep pendidikan Islam Imam Al Ghazali di MTs Negeri 1 Lampung Timur?

Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri 1 Lampunng Timur, sember data pada penelitian ini mencakup sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan pembelajaran. Wawancara dilakukan dengan guru dan siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, visi-misi, keadaan guru, jumlah siswa, sarana prasarana sekolah, letak geografis sekolah dan struktur organisasi sekolah. Pada teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa implementasi konsep pendidikan Islam Imam Al-Ghazali di MTs Negeri 1 Lampung Timur, melalui lima aspek yaitu: 1) Pendidikan Keimanan 2) Pendidikan Akhlak 3) Pendidkan Akliah 4) Pendidikan Sosial 5) Pendidikan jasmaniah dan metode pembentuknya dengan cara keteteladanan, kisah, hukuman dan ganjaran telah berjalan dan dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi konsep pendidikan Islam prespektif Imam Al-Ghazali, siswa menjadi pribadi-pribadi muslim yang bertaqwa, mencegah diri dari hawa nafsu, dan berakhlak mulia, disiplin, sportif, tanggung jawab, semangat bekerja sama, serta taat kepada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada orangtua dan sayang kepada sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Dec 2019 08:17
Last Modified: 26 Dec 2019 08:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item