Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs Ma’arif 04 Rumbia Lampung Tengah

Anggola, Refsi (2020) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTs Ma’arif 04 Rumbia Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
REFSI ANGGOLA SKRIPSI - Anggola Refsi.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar maksimal di dapatkan karena usaha yang sungguh-sungguh dari siswa maupun guru sebagai pendidik. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri dan faktor yang berasal dari luar siswa. Faktor yang berasal dari dalam salah satunya ialah gaya belajar. Gaya belajar yang dimiliki setiap individu berbeda-beda, ada yang mendengarkan, melihat, dan juga ada yang sambil menggerakkan anggota tubuhnya.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara gaya belajar yang dimiliki oleh siswa dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dilatar belakangi dari guru ketika mengajar belum dapat menjembatani keragaman gaya belajar siswa, seperti belum sesuainya metode dan media yang digunakan guru, siswa belajar dengan cara membaca buku catatan dan buku paket, berbicara dengan temannya dan sibuk bermain sendiri serta ada siswa yang mengantuk. Ketika berdiskusi kelompok ada siswa yang diam saja tanpa mau berdiskusi, ada siswa yang banyak sekali bicara, ada yang memilih menulis saja hasil diskusi tanpa mau berpartisipasi

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpul data dengan angket, metode ini merupakan metode pokok yang penulis gunakan untuk memperoleh data tentang gaya belajar dan menggunakan nilai ujian akhir semester untuk data hasil belajar. Metode Dokumentasi pada penelitian ini merupakan metode pokok yang penulis gunakan untuk memperoleh data tentang struktur dan sejarah sekolah.

Dari perhitungan pengaruh antara variabel X dengan variabel Y dengan jumlah responden 42 siswa, selanjutnya diambil sampel 70% dengan tekhnik sampling cluster random sampling, maka didapatkan sampel 30 siswa, setelah dilakukannya analisis data berdasarkan uji korelasi person dan uji t, maka menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,856, maka dapat dikatakan bahwa hasilnya memiliki nilai hubungan yang positif, artinya semakin optimal gaya belajar maka hasil belajar akan optimal, semakin rendah nilai gaya belajar maka semakin rendah hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:52
Last Modified: 27 May 2021 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item